Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelni: Sembilan Kapal Kembali Berlayar, Ini Rutenya

Pelni kembali mengoperasikan sembilan kapal penumpangnya mulai pekan depan ke beberapa rute di Tanah Air.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  14:09 WIB
Pemudik menaiki kapal laut KM Dobonsolo yang akan akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7.500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pemudik menaiki kapal laut KM Dobonsolo yang akan akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7.500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sempat menghentikan kegiatan operasional pada angkutan penumpang, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mulai menjalankan kembali menjalankan sembilan kapal penumpang pada pekan depan.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang O.M Sodikin menyampaikan sembilan kapal tersebut meliputi KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, KM Egon, KM Kelud, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Lambelu, KM Binaiya, serta KM Awu.

"KM Gunung Dempo dijadwalkan akan melakukan kegiatan operasional pada 17 Juli 2020. Enam kapal akan mulai beroperasi pada pekan depan, serta dua kapal lainnya direncanakan akan mulai beroperasi pada minggu keempat Juli 2020," ungkapnya, Kamis (16/7/2020).

Adapun KM Gunung Dempo akan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Sorong - Manokwari - Wasior - Jayapura - Wasior - Manokwari - Sorong - Namlea - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Dobonsolo dijadwalkan akan beroperasi pada 21 Juli 2020 dan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Serui - Sorong - Ambon - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Lambelu dijadwalkan akan beroperasi pada 23 Juli dengan rute Makassar - Pare-Pare - Balikapapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar - Bau-Bau - Larantuka - Kupang - Larantuka - Bau-Bau - Makassar - Pare-Pare - Balikpapan - Pantoloan - Tarakan - Nunukan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar.

Terdapat dua kapal yang direncanakan untuk beroperasi pada 24 Juli mendatang, yakni KM Kelud dengan rute Tg. Priok - Batam - Tg. Balai Karimun - Belawan - Tg. Balai Karimun - Batam - Tg. Priok , dan KM Egon yang akan melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Batulicin - Pare-Pare - Batulicin - Surabaya - Lembar - Waingapu.

KM Sinabung direncanakan akan beroperasi pada 25 Juli dengan melayani rute reguler, yakni Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Banggai - Bitung - Ternate - Bacan - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura (PP).

KM Ciremai yang akan beroperasi pada 28 Juli dengan melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura - Biak - Manokwari - Sorong - Namlea - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

"Dua kapal yang direncanakan beroperasi pada minggu keempat Juli 2020 adalah KM Binaiya dan KM Awu. Total hingga akhir Juli, terdapat 14 dari 26 kapal penumpang Pelni yang telah beroperasi," jelasnya.

O.M. Sodikin menambahkan, KM Binaiya direncanakan akan melayani rute Makassar - Labuan Bajo - Bima - Benoa (PP). Sementara KM Awu direncanakan akan melayani rute Surabaya - Benoa - Bima - Waingapu - Ende - Kupang - Kalabahi (PP).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa seluruh kegiatan operasional Perusahaan telah diiringi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

"Seluruh petugas operasional kami siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru," terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal pelni
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top