Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelaku Usaha Kuliner Kini Bisa Jualan Lewat E-Commerce

Selain GoFood dan GrabFood, para pelaku usaha dapat memanfaatkan saluran pemasaran melalui e-commerce.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  23:44 WIB
Ilustrasi belanja online - Istimewa
Ilustrasi belanja online - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha kuliner harus memanfaatkan penjualan online selama masa new normal ini. Penjualan kuliner secara online bahkan bisa dikatakan sedang naik daun dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), gerai-gerai fisik restoran banyak yang terbatas operasionalnya dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga mendorong masyarakat untuk memesan makanan dan minuman secara online.

Selain GoFood dan GrabFood, para pelaku usaha dapat memanfaatkan saluran pemasaran melalui e-commerce.

Menariknya, pelanggan yang melakukan pemesanan yang melalui e-commerce dapat memanfaatkan ongkos kirim gratis dan pengiriman cepat, khususnya same day dan instant delivery.

Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan karena mereka tak harus terkendala jarak dan ongkos kirim.

Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan ini adalah Blibli melalui BlibliMart yang menghadirkan kurasi Menu Restoran dengan berbagai menu makanan dan minuman siap saji mulai dari kopi literan hingga makanan beku.

Fransisca Krisantia Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Blibli mengatakan, kehadiran seller F&B di e-commerce memungkinkan mereka untuk mengekspansi saluran penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan menambah lini produk walau di tengah pandemi dan new normal.

Selain itu, seller juga dapat memanfaatkan ekosistem Blibli, mulai dari sistem pembayaran, logistik, hingga keamanan, untuk memperlancar bisnis online mereka. 

Dari segi pelanggan, mereka dapat dengan mudah menemukan dan membeli menu siap saji favorit, termasuk es kopi dan bakmi, yang semuanya tersedia di Menu Restoran.

Saat ini, Menu Restoran menaungi 9 sub-kategori F&B yang terdiri dari Minuman Segar, Cemilan Enak, Makanan Sehat, Dessert, Asupan Kalori, Saus & Bumbu, Dim Sum, Hidangan Keluarga, dan Bakmi.

"Antusiasme pelanggan sangat baik yang ditunjukkan oleh performa positif Menu Restoran di mana jumlah order meningkat sebesar 6 kali lipat antara April – Juni 2020," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (16/7/2020).

Adapun hidangan lokal dan western yang paling populer berdasarkan jumlah order adalah bakmi, bakso, dan spaghetti untuk makanan, beserta kopi susu, earl grey tea, dan chocolate drink untuk minuman.

Ferrie Woen, Co-Founder Bakmi Tiga Marga, mengatakan sejak Bakmi Tiga Marga bergabung pada kategori Menu Restoran sejak 3 bulan lalu, penjualannya telah meningkat hingga enam kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.

"Blibli sudah sangat mengakomodasi kehadiran kami, termasuk dengan mendukung kegiatan pemasaran online. Hal ini mendorong peningkatan signifikan sebesar 6 kali lipat pada penjualan Bakmi Tiga Marga selama 3 bulan terakhir ini," ujarnya.

Blibli melakukan kurasi yang ketat untuk memastikan bahwa seller F&B yang tergabung di Menu Restoran dapat menyediakan produk dan layanan berkualitas bagi para pelanggan.

Selain itu, Blibli juga memastikan bahwa para seller merupakan pelaku usaha F&B yang merupakan brand principal, distributor resmi, dan peritel yang sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan.

Pengembangan layanan dan inisiatif ini sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan #KarenaKamuNo1.

Lebih jauh, inisiatif ini juga merupakan bentuk kesiapan BlibliMart untuk terus mengakomodasi kebutuhan para seller F&B dan pelanggan dalam menghadapi situasi pandemi dan era new normal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner belanja online e-commerce
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top