Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkop UKM Ungkap Peran Penting Reseller Online

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkap peran penting reseller dalam jaringan (daring/online)terhadap pengembangan UMKM.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  12:08 WIB
Ilustrasi e-commerce - CC0
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkap bahwa reseller dalam jaringan (daring/online) berperan penting bagi ekosistem UMKM digital.

Hal ini diungkapnya dalam Webinar Transformasi Digital UMKM bersama DANA, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (9/7/2020).

Menurut Teten, reseller serupa middle-man atau pemain tengah yang bisa membantu pangsa produk UMKM lebih luas. Terlebih, kini peran para distributor penjual kembali ini didominasi anak muda dan lebih melek dunia digital, terutama teknis e-commerce.

Oleh sebab itu, reseller pun kini menjadi salah satu target pembinaan dan kerja sama Kemenkop UKM dalam meramaikan ekosistem UMKM Go Digital.

"Banyak para reseller yang berjualan di media sosial, sudah sukses, sekarang bertransformasi menjadi produsen. Kemenkop UKM terus mencoba menghubungkan semuanya dengan ekosistem digital, pembiayaan, dan ekosistem go online, supaya UMKM bisa tumbuh menjadi besar," ungkap Teten.

Harapannya, langkah ini mampu mewujudkan proyeksi Indonesia pada 2025 menjadi negara dengan valuasi ekonomi digital terbesar dan market digital terbesar besar pula.

Teten menekankan bahwa era masa transisi lepas dari pandemi Covid-19 ini mampu menjadi momentum UMKM merambah ke dunia digital, atau sebaliknya, mendorong para reseller atau dropshipper yang sudah online untuk berani mengembangkan bisnis dengan menjadi produsen.

"Kita dorong dengan go digital, mereka bisa memperluas akses pasar baik domestik dan global, business process UMKM pun tentunya menjadi lebih efisien, dan UMKM bisa merambah akses permodalan atau pembiayaan dengan lebih mudah," tambahnya.

Terkini, salah satu program ekosistem digital besutan Kemenkop UKM, yakni Bangga Buatan Indonesia telah diramaikan oleh 789.116 UMKM atau 39,4 persen dari target dua juta lebih UMKM pada 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm online e-commerce
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top