Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solusi Antrean KRL, BPTJ Siapkan Bus Reguler Bogor-Jakarta

BPTJ akan meluncurkan layanan bus Bogor-Jakarta untuk mengantisipasi jumlah pengguna KRL yang membeludak pada saat jam sibuk.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan segera meluncurkan layanan bus reguler guna membantu pengguna kereta rel listrik (KRL) yang tak tertampung saat jam sibuk.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti mengatakan sejauh ini pemerintah mengerahkan bus-bus gratis untuk mengangkut para pelaju yang tak tertampung KRL tersebut. Walaupun cukup mampu mengatasi penumpukan penumpang penyediaan bus gratis tersebut tidak mungkin menjadi solusi tetap.

“Sejak awal kami meluncurkan bus gratis tersebut pada 15 Mei 2020, sudah kami informasikan bahwa, jika kebutuhan terus meningkat dan muncul demand yang konsisten, tidak menutup kemungkinan akan kami luncurkan layanan bus reguler,“ jelasnya, Senin (13/7/2020).

Masyarakat pelaju Bogor-Jakarta diharapkan pada Agustus 2020 sudah dapat memanfaatkan angkutan alternatif reguler agar tidak hanya tergantung pada KRL. Menyusul pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru sering terjadi lonjakan penumpang KRL pada waktu-waktu tertentu.

Sementara kapasitas penumpang KRL sendiri selama masa pandemi dibatasi maksimal 35 - 45 persen untuk memenuhi ketentuan physical distancing, yang mengakibatkan seringnya terjadi penumpukan penumpang. Dari evaluasi yang dilakukan, menurut Polana memang potensi demand ada, dan saat ini sedang dilakukan kajian untuk memperkuat rencana peluncuran layanan tersebut.

“Bentuk layanan nantinya adalah Bus Jabodetabek Residential Connexion [JR Conn] dengan rute point to point, “ kata Polana.

Dia menjelaskan sifat layanan Bus JR Conn ini titik pemberangkatan bukan dari Terminal Bus, tetapi diupayakan dari titik yang lebih terjangkau dari pemukiman calon penumpang (asal) menuju titik tertentu (tujuan) di Jakarta. Dengan demikian diharapkan tidak terjadi penumpukan calon penumpang di stasiun ataupun terminal.

Menurut Polana sudah ada perusahaan operator yang bersedia mengisi layanan reguler ini, dan saat ini sedang melakukan berbagai persiapan. “Mengingat trayek yang dijalani layanan ini adalah lintas wilayah administratif di Jabodetabek maka perizinannya ada di BPTJ dan kami tentunya akan mempermudah perizinannya,” jelasnya.

Mengenai tarif Polana menyebut tidak mungkin semurah tarif KRL karena tarif KRL disubsidi pemerintah, tetapi diupayakan masih dalam batas kewajaran dan terjangkau oleh para pelaju.

Menurut Polana nantinya layanan Bus JR Conn ini juga akan konsisten diterapkan protokol kesehatan sehingga kapasitas penumpang dibatasi maksimal 50 persen, agar ketentuan jaga jarak dapat dipenuhi.

”Aturan protokol kesehataan lainnya seperti pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker tentu wajib tak hanya bagi pengguna namun juga awak operator, demikian pula unit armada yang digunakan secara rutin harus dibersihkan dengan disinfektan,“ ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper