Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banyak Dicari, Pangkalpinang Tebar 5.000 Benih Ikan Gabus

Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Pangkalpinang melakukan restocking atau penebaran 5.000 ekor benih ikan gabus di Perairan Taman Mandara, Pangkalpinang.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  08:00 WIB
Ikan gabus (Channa striata) adalah salah satu ikan spesifik lokal perairan Indonesia yang habitatnya di rawa-rawa, sawah, genangan dan daerah aliran sungai arus tenang yang membawa emulsi lumpur, dan bisa juga di perairan payau. - KKP
Ikan gabus (Channa striata) adalah salah satu ikan spesifik lokal perairan Indonesia yang habitatnya di rawa-rawa, sawah, genangan dan daerah aliran sungai arus tenang yang membawa emulsi lumpur, dan bisa juga di perairan payau. - KKP

Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Pangkalpinang melakukan restocking atau penebaran 5.000 ekor benih ikan gabus di Perairan Taman Mandara, Pangkalpinang.

Selain untuk melestarikan dan meningkatkan populasi ikan asli perairan darat Bangka Belitung, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Kepala SKIPM Pangkalpinang M. Darwin Syah Putra mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2020, yang merupakan agenda rutin tahunan.

"Pada penyelenggaraan tahun ini, SKIPM Pangkalpinang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (30/6/2020).

Ikan gabus termasuk komoditas perikanan yang banyak dicari. Selain untuk konsumsi, ikan gabus memiliki beragam khasiat untuk kesehatan, seperti mempercepat penyembuhan luka, mengatasi hipoalbuminemia, menjaga kesehatan mata, dan bagus bagi penderita diabetes.

Harga daging ikan gabus giling dan daging sapi di pasar tradisional Kota Palembang, Sumsel, sempat mencapai Rp130.000 per kilogram.

Ikan gabus (Channa striata) adalah salah satu ikan spesifik lokal perairan Indonesia yang habitatnya di rawa-rawa, sawah, genangan dan daerah aliran sungai arus tenang yang membawa emulsi lumpur, dan bisa juga di perairan payau.

Kegiatan penebaran benih ikan gabus ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Babel, Dasminto.

“DKP Babel mendukung kegiatan seperti ini karena ini untuk restocking di alam supaya ketersediaan dan keberlanjutan sumber daya perikanan yang nantinya akan membantu masyarakat Babel dalam memudahkan memperoleh komoditi perikanan,” ucapnya.

Kabid PUPB PHP DKP Babel Barryansyah Saputra menyebut kegiatan restocking ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menekuni usaha budidaya untuk menemuhi kebutuhan ekonomi. Selain itu juga mengingatkan masyarakat akan perannya dalam menjaga lingkungan.

Selain penebaran ikan lokal, pada Bulan Mutu Karantina 2020 SKIPM Pangkalpinang juga menyelenggarakan bakti sosial melalui pembagian 4 ton paket ikan sehat bermutu di tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, dan Kota Pangkalpinang.

“BKIPM Pangkalpinang juga membuka pekan pelayanan publik yang dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan Sabtu dengan tema ‘Pelayanan Publik di Era New Normal’. Apabila ada masyarakat yang ingin menanyakan seputaran teknis di bidang karantina ikan (silakan datang),” tuturnya.

Darwin pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengguna jasa, mitra kerja, dan DKP Babel atas kolaborasi yang baik selama ini. "Diharapkan kebersamaan dan kerja sama yang harmonis ini akan terus terpelihara sebagaimana lestarinya sumber daya ikan kita dan sejahteranya masyarakat perikanan Babel,” tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan budidaya Ikan Gabus
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top