Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apsindo Ikut Buka Suara Soal Pajak Sepeda

Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) mengaku kabar hoaks soal pajak sepeda turut membuat resah para komunitas sepeda.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  17:11 WIB
Ilustrasi pengguna sepeda. - PEUGEOT
Ilustrasi pengguna sepeda. - PEUGEOT

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) angkat bicara mengenai beredarnya kabar pemerintah yang akan memungut pajak sepeda dan menyebut kabar tersebut sempat meresahkan komunitas sepeda.

Sekjen Apsindo Eko Wibowo tetap percaya, pemerintah mendukung penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi sehingga sempat kaget mendengar dan membaca berita mengenai adanya wacana pajak sepeda dari pemerintah.

"Berita hoaks bahwa rencana pemerintah memungut pajak, dasarnya dari mana, karena sepeda ini juga untuk rekreasi keluarga, berita hoaks tersebut sempat meresahkan komunitas sepeda, pengusaha sepeda juga, karena dampak terhadap ekonomi bisa menjadi kemunduran," jelasnya, Selasa (30/6/2020).

Dia menyebut terkait maraknya pengguna sepeda sangat bergantung iktikad baik dari pemerintah guna mendukung persepedaan sebagai sarana transportasi dan mendukung masyarakat bersepeda.

Dia mencontohkan, dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah dapat dengan menyediakan area parkir yang aman dan infrastruktur jalan khusus untuk bersepeda.

"Yang ada, kondisi sekarang, sarana jalan sepeda bercampur dengan kendaraan lain ataupun jalur sepeda tertutup jalur kendaraan lain dan jalan sepeda dilewati tempat yang tidak aman, misalkan ada lubang saluran air, menjadi sarana jalur sepeda," paparnya.

Dia menekankan pemakaian sepeda untuk sarana transportasi dapat mengurangi pemakaian kendaraan berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam) yang dikeluarkan oleh kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Lebih lanjut, bahan bakar fosil ada yang masih subsidi dan impor, sehingga membebani APBN. Penggunaan sepeda dapat memberikan efisiensi terhadap hal tersebut.

Kedua, sebagai bagian meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan berolahraga bersepeda, jelas bisa meningkatkan produktivitas Indonesia.

"Ketiga, menyangkut energi hijau, lingkungan hijau, jelas harus didukung sarana transportasi, dengan mengurangi emisi. Ini sangat penting, bagaimana persepedaan juga harus didukung regulasi yang jelas untuk pemakaian, untuk menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi," paparnya.

Dia menegaskan ketika peraturannya jelas, masyarakat bisa menggunakan sepeda dengan baik dan tertib di jalan raya. Dengan demikian, memang perlu adanya regulasi yang jelas mengatur tentang tata penggunaan sepeda dan prasarana pendukungnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak sepeda
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top