Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satu Penumpang Positif Covid-19 di Bandara Sorong, Ini Penjelasan Garuda

PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) memastikan menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin pesawat Jakarta - Sorong, menyusul ditemukannya satu penumpang positif Covid-19.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  22:20 WIB
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra Irfan mengharapkan peran serta dan dukungan masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik juga merupakan aspek penting dalam memastikan komitmen bersama penanganan pandemi ini berjalan secara berkesinambungan.  - Antara
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra Irfan mengharapkan peran serta dan dukungan masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik juga merupakan aspek penting dalam memastikan komitmen bersama penanganan pandemi ini berjalan secara berkesinambungan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) memastikan menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri sesuai ketentuan.

Hal itu menyusul ditemukannya satu penumpang positif Covid-19 setelah turun dari pesawat di Domine Eduard Osok Sorong melalui pengecekan dokumen.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan sebelum penerangkatan seluruh penumpang pada penerbangan Jakarta-Sorong telah memperoleh validasi dan clearance dari otoritas terkait perihal pemenuhan persyaratan protokol kesehatan.

Irfan juga menyebutkan penerbangan berkode GA 682 rute Jakarta - Sorong dioperasikan dengan penerapan physical distancing atau jaga jarak. Adapun tingkat keterisian penumpang berkisar di angka 62 persen dari total kapasitas pesawat.

"Selanjutnya bersama-sama dengan stakeholder terkait melakukan koordinasi dan komunikasi intensif terkait tindak lanjut atas kondisi tersebut guna memastikan prosedur protokol kesehatan penerbangan pada masa transisi new normal berjalan dengan optimal," jelasnya melalui keterangan resmi, Minggu (28/6/2020).

Maskapai pelat merah tersebut juga akan memperkuat sinergitas bersama seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan optimal dengan senantiasa mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang.

Irfan mengharapkan peran serta dan dukungan masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik juga merupakan aspek penting dalam memastikan komitmen bersama penanganan pandemi ini berjalan secara berkesinambungan.

Sebelumnya, Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq mengatakan bahwa penumpang tersebut diketahui positif Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan saat turun dari pesawat Garuda Indonesia GA 682 pukul 06.20 WIT.

Setelah diketahui hasil tes usap positif, penumpang tersebut langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Eduard Osok Sorong untuk ditangani lebih lanjut.

Pihaknya sudah berkomunikasi dengan petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan di Bandara Soekarno-Hatta dan sedang ditelusuri karena sesuai mekanisme hasil tes usap yang diketahui positif tidak diberikan kepada calon penumpang.

Gugus Tugas Sorong Selatan telah menyiapkan agar melakukan karantina mandiri terhadap beberapa orang siswa yang telah kontak erat dengan penumpang positif tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia Obat Covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top