Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR: ‘Darah Segar’ Pemacu Kredit, Dana Pinjaman Mengucur Deras

Sejumlah berita menjadi topik utama harian Bisnis Indonesia hari ini, Kamis (24/6/2020), di antaranya langkah agresif pemerintah dalam membantu likuiditas industri keuangan.
Ilustrasi Bank/Istimewa
Ilustrasi Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah berita menjadi topik utama harian Bisnis Indonesia hari ini, Kamis (24/6/2020), di antaranya langkah agresif pemerintah dalam membantu likuiditas industri keuangan.

Berikut ini ringkasan sejumlah topik utama hari ini:

 

‘Darah Segar’ Pemacu Kredit. Pemerintah menempatkan uang negara pada empat bank BUMN sebagai mitra dalam menyalurkan kredit kepada sektor riil. Langkah tersebut diharapkan dapat memacu permintaan kredit yang sedang lesu.

Langkah agresif dalam membantu likuiditas industri keuangan masih terus dilakukan oleh pemerintah. Teranyar, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 70/PMK.05/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dana Pinjaman Mengucur Deras. Bisnis, JAKARTA — Beratnya beban yang ditanggung akibat pandemi Covid-19 memaksa pemerintah untuk mencairkan sejumlah pinjaman, baik dari lembaga multilateral maupun bilateral.

Terbaru, Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) mengucurkan dana US$1 miliar kepada pemerintah untuk penanganan Covid–19. Dana pinjaman ditujukan untuk mendukung penguatan jaring pengaman sosial, meningkatkan penanganan kesehatan, dan memitigasi penurunan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Perdagangan Dunia Turun Tajam. Perdagangan dunia sepanjang semester I/2020 merosot tajam karena pandemi Covid-19. Kondisi ini dapat menyeret volume ekspor dan impor global menurun curam pada 2020.

AS Yakin Bangkit dari Resesi. Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin memperkirakan resesi ekonomi yang dipicu oleh pandemi virus corona akan berakhir pengujung tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper