Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TSS Selat Sunda dan Lombok, Kemenhub Kerahkan 6 Kapal Patroli

Kemenhub mengerahkan enam unit kapal patroli sebagai bagian dari latihan patroli penegakan hukum TSS Selat Sunda dan Selat Lombok untuk pembekalan ABK.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  16:05 WIB
Kapal KN Trisula P.111 dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang dikerahkan untuk patrol persiapan traffic separation scheme (TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok. -  Dok. Ditjen Perhubungan Laut
Kapal KN Trisula P.111 dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang dikerahkan untuk patrol persiapan traffic separation scheme (TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok. - Dok. Ditjen Perhubungan Laut

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan enam unit kapal patroli sebagai bagian dari latihan patroli penegakan hukum di bidang keselamatan berlalu lintas di bagan pemisahan jalur laut atau (traffic separation scheme/TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan latihan ini bertujuan memberi pembekalan bagi ABK Kapal Negara Patroli dan Petugas VTS agar memahami mekanisme proses perencanaan Operasi Patroli dan Penegakan Hukum di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok.

“Pada Latihan ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan mengerahkan enam kapal patroli untuk melaksanakan tugas penegakan hukum di laut yang meliputi proses deteksi, identifikasi, pengejaran, penghentian, pemeriksaan, penyelidikan hingga penyidikan sesuai prosedur yang benar berdasarkan undang-undang,” kata Ahmad dalam siaran pers, Jumat (19/6/2020).

Dia menyebutkan keenam kapal tersebut antara lain KN Trisula P.111 tipe MDPV Patrol Ship kelas 1, KN Alugara P.114 tipe MDPV Patrol Ship kelas 1, KN Clurit P-.203 tipe Patrol Ship kelas 2, KN. Cundrik P.204 tipe Patrol Ship kelas 2, KN Belati P.205 tipe Patrol Ship kelas 2, dan KN. Jembio P.215 tipe Patrol Ship kelas 2.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R. Agus H. Purnomo mengatakan salah satu bagian latihan patroli yang akan dilakukan yaitu kegiatan table top exercise.

"Kegiatan table top exercise ini dilaksanakan untuk merancang komunikasi dan pergerakan kapal negara dan latihan patroli penegakan hukum dengan kapal patroli KPLP yang akan dilaksanakan di Selat Sunda pada 23 Juni 2020 dan apel kesiapan/latihan basah pada 27 Juni 2020," kata Agus.

Dia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberi pembekalan bagi personel ABK Kapal Negara Patroli dan Petugas VTS agar memahami mekanisme proses perencanaan operasi patroli dan penegakan hukum di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok. Selain itu, koordinasi yang sistematis dan terpadu baik internal di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut maupun antar instansi yang mempunyai kewenangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

KPLP juga menyiapkan Sistem Operasional Prosedur (SOP) Patroli dan Penegakan Hukum di bidang keselamatan berlalu lintas di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok dengan menurunkan Kapal Patroli KPLP beserta personelnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top