Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Siap Lanjutkan Proyek Infrastruktur Prioritas

Kendati pandemi Covid-19 masih menghantui, pemerintah menegaskan akan terus melanjutkan proyek infrastruktur prioritas karena memiliki manfaat luas bagi masyarakat. Infrastruktur prioritas itu umumnya yang berfungsi sebagai konektivitas antarwilayah.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  09:10 WIB
Salah satu jembatan gantung yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. - Kementerian PUPR
Salah satu jembatan gantung yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA--Kendati pandemi Covid-19 masih menghantui, pemerintah menegaskan akan terus melanjutkan proyek infrastruktur prioritas karena memiliki manfaat luas bagi masyarakat. Infrastruktur prioritas itu umumnya yang berfungsi sebagai konektivitas antarwilayah.

Ridwan Djamaluddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves mengatakan bahwa berbagai proyek strategis nasional merupakan kebutuhan sehingga pemerintah akan berupaya untuk menghadirkan itu. Kehadiran Covid-19, tidak berarti proyek tersebut harus dihentikan.

"Perihal anggaran pemerintah sebagian besar untuk penanganan Covid-19, tetapi bukan berarti pembangunan berbagai infrastruktur itu harus dihentikan, sebab ini untuk kebutuhan jangka panjang masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (18/6/2020).

Ridwan mengatakan penyediaan infrastruktur harus terus berjalan untuk menggerakan aktivitas ekonomi. Pemerintah menyiapkan beberapa strategi seperti menjadwal ulang (reschedule) untuk proyek yang bisa ditunda, sementara infrastruktur yang bermanfaat untuk masyarakat luas akan diteruskan.

Dia menyebut beberapa proyek prioritas itu antara lain proyek konektivitas Pulau Jawa dan antara Pulau Jawa dengan pulau-pulau lainnya. Selain itu beberapa proyek nasional yang memiliki komitmen dengan dunia internasional juga terus dilanjutkan.

“Pembangunan bandara di wilayah Papua misalnya, walaupun keekonomiannya kurang, akan tetapi di sana banyak masyarakat yang membutuhkan untuk distribusi logistik dan mobilisasi masyarakat, maka itu wajib kita penuhi,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jembatan proyek infrastruktur
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top