Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berhasil Tangani Covid-19, Pemerintah Pusat Siapkan 'Kado' untuk Pemda

Pemerintah pusat akan memberikan reward dalam bentuk DID bagi langkah-langkah nyata yang dilakukan daerah dalam menangani Covid-19
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  12:13 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan memaparkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020). - Istimewa
Gubernur DKI Anies Baswedan memaparkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan tengah mengkaji 'reward' berupa tambahan dana insentif daerah (DID) bagi pemerintah daerah yang memberikan langkah nyata dalam penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti.

Menurutnya, pemerintah pusat tidak akan memberikan reward khusus bagi pemerintah daerah yang merespon kebijakan pemerintah pusat secara cepat terkait DAK kesehatan sebagai alternatif anggaran dalam penanggulangan Covid-19.

"Namun, pemerintah pusat akan memberikan reward dalam bentuk DID bagi langkah-langkah nyata yang dilakukan daerah dalam menangani Covid," tegas Prima, Kamis (11/6/2020).

Hal ini dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkapkan Kementerian Keuangan tengah menyusun kebijakan dana insentif daerah (DID) tambahan yang salah satunya memperhitungkan pengeluaran daerah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Ekonomi Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah pusat akan memberikan reward bagi daerah yang berhasil menurunkan status darurat di wilayahnya ke zona hijau.

Sayangnya, dia tidak mengungkapkan bentuk reward tersebut. "Pemerintah akan memberikan bonus bagi daerah-daerah yang masuk di zona kuning atau hijau sehingga ini menjadi insentif agar seluruh protokol [Covid-19] ini dilaksanakan," papar Airlangga dalam webinar ISEI, Selasa (9/8/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemerintah daerah covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top