Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AirAsia Indonesia Terbangi Dua Rute Mulai 19 Juni

AirAsia Indonesia telah menyesuaikan rencana pengoperasian kembali penerbangan berjadwal di dua rute domestiknya secara bertahap mulai 19 Juni 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  17:27 WIB
Air Asia - en.wikipedia.org
Air Asia - en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - AirAsia Indonesia telah menyesuaikan rencana pengoperasian kembali penerbangan berjadwal di dua rute domestiknya secara bertahap mulai 19 Juni 2020.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga menjelaskan pertimbangan operasional kembali lebih memperhatikan pelonggaran pembatasan perjalanan dan perkembangan situasi kasus positif di wilayah jaringan operasionalnya.

“Kami pantau situasinya terus dan sejauh ini masih belum ada perubahan rencana. Terkait dengan SE No. 7 dari Gugus Tugas Covid-19, kami sedang menyesuaikan kembali persyaratan perjalanan dan protokol kesehatannya sesuai regulasi yang berlaku, termasuk penyesuaian dengan Permenhub No. 42/2020 dan SE No. 13 dari Kemenhub,” jelasnya, Selasa (9/6/2020).

Dua rute yang dijadwalkan operasionalnya adalah rute Jakarta - Bali (pp) dan Jakarta – Medan (pp). Frekuensi penerbangan dua rute tersebut sebanyak empat kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Rute Jakarta-Bali akan diterbangi pukul 09.25 WIB. Sebaliknya rute dari Bali-Jakarta pada pukul 12.50 WITA.

Rute selanjutnya Jakarta-Medan diberangkatkan pada pk.12.10 dan sebaliknya Medan - Jakarta diberangkatkan pada 15.05 WIB.

Selain memulai operasionalnya layanan domestik, AirAsia Indonesia tetap melayani kebutuhan perjalanan atau pengiriman barang dari pemerintah, swasta, organisasi, maupun komunitas masyarakat ke berbagai destinasi domestik dan internasional melalui penerbangan khusus charter penumpang dan kargo sesuai persetujuan dari otoritas terkait.

Operasional maskapai nasional tersebut sempat maju mundur. Secara resmi emiten berkode saham CMMP telah menghentikan layanan baik internasional dan domestiknya sejak April 2020.

Selanjutnya maskapai dengan jenis layanan minimum tersebut merencanakan operasionalnya pada 1 Juni 2020, tetapi kembali diundur hingga 8 Juni 2020. Hingga kini, sesuai jadwal, perseroan merencanakan membuka layanan domestiknya pada 19 Juni 2020.

Penutupan layanan dilakukan sebagai konsekuensi pencegahan Covid-19 yang lebih luas. Perusahaan juga dapat mengoptimalkan layanan tidak berjadwalnya yang lebih dapat dikondisikan agar tak terdampak virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top