Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Upaya AirAsia Indonesia Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMMP) mengaku telah menjalankan dua strategi utama dalam upaya mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Air Asia/en.wikipedia.org
Air Asia/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMMP) mengaku telah menjalankan dua strategi utama dalam upaya mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Corporate Secretary AirAsia Indonesia Indah Permatasari Saugi menjelaskan upaya awal telah dilakukan sebagai mitigasi proaktif untuk membatasi dampak penurunan kinerja dari virus corona. Pertama, maskapai telah secara aktif mengelola kapasitasnya sejak awal Februari 2020.

Kedua, juga didukung dengan kontrol biaya yang ketat secara internal seperti pemberhentian sementara untuk mempekerjakan karyawan baru. Tidak ada perpanjangan atas sewa pesawat yang akan kadaluarsa serta melakukan negosiasi terhadap lessor pesawat untuk mengurangi biaya sewa,” jelasnya, melalui keterbukaan informasi publik yang dikutip, Rabu (3/6/2020).

Maskapai dengan jenis layanan minimum tersebut optimistis bsia melanjutkan pertumbuhan positif yang telah dicapai pada tahun lalu melalui sejumlah strategi ketika industri ini memasuki masa pemulihan setelah pandemi corona berakhir.

Sementara itu, Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan pada tahun lalu pendapatan perusahaan mampu tumbuh lebih dari 20 persen. Menurutnya agar dapat melanjutkan target tersebut, maka pada saat pemulihan, ada sejumlah rencana strategis yang tetap dilakukan.

Pertama, kata dia, terkait dengan melanjutkan pengembangan rute baru. Sejalan dengan itu peningkatan kapasitas muat atau load factor penumpang yang dilayani guna mencari rute yang potensial yang dapat dioptimalkan.

“Hal itu akan kami terapkan kalau sudah masuk recovery. Tapi sekarang belum ngomong ini dulu, sehingga strategi pertama kami telah lakukan dengan mengikhlaskan layanan berjadwal sedangkan yang non berjadwal bisa dikondisikan agar perlindungan dan pencegahan lebih maksimal,” jelasnya.

Menurutnya menjadi kondisi yang wajar saat ini jika perusahaan menjadi susah bergerak akibat kondisi keuangan dan pendapatan yang terbatas. Namun, sebut Vera, secara jangka panjang jika langkah tersebut tidak diantisipasi terlebih dahulu justru pendapatan jangka panjang juga tidak bisa diperoleh.

Sejauh ini, emiten berkode saham CMPP tersebut juga telah mengajukan kepada pemerintah terkait dengan keringanan dalam bentuk bea masuk, PPh, dan pajak yang lain berkaitan dengan proses masuknya suku cadang. Selain itu juga biaya kebandarudaraan, adanya pinjaman lunak dari pemerintah dan relaksasi kredit.

Lebih jauh, CMPP juga berencana menempuh sumber pendanaan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper