Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Pandemi, Hutama Karya Tetap Lakukan Pembebasan Lahan

Beberapa ruas tol Hutama Karya yang konstruksinya sudah dimulai dan masih dalam proses pengadaan lahan yakni ruas Sigli–Banda Aceh, Padang–Pekanbaru, dan Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  19:21 WIB
Progres pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.
Progres pembangunan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Kamis (20/2 - 2020). Tol Pekanbaru/Dumai terus dipacu pengerjaannya agar bisa rampung seluruhnya pada April 2020. Hingga 21 Februari 2020 seksi 1 Pekanbaru/Minas sepanjang 9,5 kilometer telah rampung. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) tetap melakukan pembebasan lahan agar konstruksi proyek jalan tol tetap berjalan kendati terhambat kondisi pandemi Covid-19.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan hingga saat ini, progres pengadaan lahan di beberapa ruas tol pembangunan terus diupayakan dan berprogres.

Fauzan menjelaskan progres pembebasan lahan tersebut seperti di ruas Medan–Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia–Helvetia (6 kilometer) mencapai 98 persen, Sigli–Banda Aceh (74 kilometer) mencapai 70 persen, ruas Padang–Pekanbaru seksi Padang–Sicincin (30,4 kilometer) mencapai 11 persen, dan ruas Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu Seksi Bengkulu—Taba Penanjung (17,4 kilometer) mencapai 27 persen.

"Proses pembebasan lahan yang saat ini masih berjalan tentunya karena peran dari semua pihak utamanya dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat," ujar Fauzan kepada Bisnis, Rabu (3/6/2020).

Adapun pada tahun ini, katanya, beberapa ruas yang sudah dimulai konstruksinya dan masih dalam proses pengadaan lahan yakni ruas Sigli–Banda Aceh, Padang–Pekanbaru (254 kilometer), ruas Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu (95,80 kilometer).

"Hutama Karya terus melakukan upaya pembebasan lahan dengan berkoordinasi bersama Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR, pemerintah daerah, serta masyarakat setempat agar proses pembebasan lahan dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Dia mengatakan bahwa dalam proses pembangunannya, proyek jalan tol kerap dihadapkan oleh kendala pembebasan lahan, seperti penetapan lokasi yang menyebabkan perlu dilakukan relokasi trase agar dapat diterima oleh masyarakat sekitar dalam mendukung keberlangsungan dan kelancaran proyek.

"Dalam mengatasi kendala tersebut, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol berupaya untuk menyelesaikan permasalahan terkait sehingga proyek-proyek tol dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan," kata Fauzan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol hutama karya
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top