Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kloter Terakhir ABK AIDA Diberangkatkan dari Bandara Frankfurt

Seorang petinggi perusahaan kapal pesiar AIDA menyebutkan bahwa pemulangan itu merupakan repatriasi terakhir kru kapal ke Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  11:04 WIB
Sejumlah WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal pesiar di Jerman dipulangkan kembali ke Tanah Air dan diberangkatkan dari Bandara Frankfurt, Jerman pada Minggu (17/5/2020). - Antara/KBRI Berlin
Sejumlah WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal pesiar di Jerman dipulangkan kembali ke Tanah Air dan diberangkatkan dari Bandara Frankfurt, Jerman pada Minggu (17/5/2020). - Antara/KBRI Berlin

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 1.694 warga negara Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal telah dipulangkan dari Jerman kembali ke Tanah Air.

KBRI Berlin melalui siaran persnya, Senin (18/5/2020) menyebutkan bahwa kelompok terbang (kloter) WNI anak buah kapal (ABK) terakhir yang dipulangkan adalah 238 orang awak kapal pesiar AIDA yang diberangkatkan dari Bandara Frankfurt pada 17 Mei dengan menggunakan pesawat carter Condor.

Phlilipp Heidmann, Direktur Brand Emergency Response AIDA Cruises, menyebutkan bahwa pemulangan itu merupakan repatriasi terakhir kru kapal AIDA ke Indonesia.

"Hari ini adalah gelombang pemulangan terakhir. Jumlah total kru dari Indonesia yang sudah direpatriasi selama pandemi Covid-19 ini sebanyak 718 kru," ujar Philipp.

Para kru yang dipulangkan itu tiba di Pelabuhan Hamburg, Steinwerder Cruise Center pada Jumat (15/5/2020) pagi.

Sebelumnya, mereka berlayar selama 10 hari dari Tenerif, Kepulauan Kanaria dekat Maroko. Mereka telah berada di Tenerif kurang lebih 2 bulan. Dari Pelabuhan Hamburg mereka diberangkatkan dengan enam bis ke Bandara Frankfurt pada Minggu (17/5/2020) dini hari.

Persiapan kepulangan para kru Kapal AIDA itu dikoordinasikan oleh seluruh Perwakilan RI di Jerman.

Koordinasi rencana pemulangan dengan pihak perusahaan serta otoritas terkait di Jerman dan di Indonesia dilakukan oleh KBRI Berlin.

Konsulat Jenderal RI Frankfurt bertugas untuk koordinasi teknis repatriasi dengan otoritas terkait di Bandara Frankfurt.

Sementara itu, KJRI Hamburg mengoordinasikan dengan pihak perusahaan untuk ketibaan para kru di pelabuhan Hamburg serta keberangkatan menuju Bandara Frankfurt.

"Alhamdulillah, koordinasi kita lancar. Masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketiga perwakilan juga melakukan pendampingan sejak kru diberangkatkan dari Hamburg sampai mereka diterbangkan ke Indonesia," ujar Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman kapal pesiar

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top