Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Langkah-Langkah Pengajuan KPR Melalui Dana di BPJamsostek

Pengajuan KPR BPJamsostek juga akan melewati proses BI Checking, jadi pastikan kemampuan finansial memadai dan tidak masuk dalam daftar hitam BI.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  16:03 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek perumahan bersubsidi, di Bogor, Jawa Barat, Senin (4/9). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek perumahan bersubsidi, di Bogor, Jawa Barat, Senin (4/9). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memberi kemudahan bagi para anggotanya untuk mendapatkan kredit pemilikan rumah melalui program manfaat layanan tambahan.

Hal ini merupakan upaya BPJamsostek untuk turut serta berperan membantu pemerintah melaksanakan program sejuta rumah dan memperbanyak saluran cara bayar bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah.

Untuk mengajukan KPR melalui BPJamsostek, ada sejumlah dokumen yang wajib dilengkapi bagi para calon debitur, yaitu formulir pengajuan kredit dilengkapi pasfoto terbaru pemohon dan pasangan, fotokopi KTP-el, kartu keluarga, dan surat nikah atau cerai.

Sementara itu, untuk pegawai, dokumen harus dlengkapi dengan slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan, fotokopi surat keterangan pengangkatan pegawai tetap atau surat keterangan kerja, rekening koran 3 bulan terakhir, fotokopi nomor pokok wajib pajak, surat pemberitahuan pajak penghasilan (SPT PPh) 21.

Selain itu, perlu juga disertakan surat pernyataan penghasilan yang ditandatangani pemohon di atas materai dan diketahui oleh pimpinan instansi tempat bekerja, surat pernyataan tidak memiliki rumah yang diketahui instansi tempat bekerja, dan surat keterangan domisili dari kelurahan setempat apabila tidak bertempat tinggal sesuai KTP.

Selanjutnya, calon debitur juga harus sudah mengisi formulir permohonan MLT, surat pernyataan MLT, dan surat keterangan tidak memiliki rumah.

Setelah semua dokumen lengkap, debitur bisa langsung menyerahkan kepada petugas loan service yang ada pada kantor cabang bank BTN sebagai penyalur KPR. Dokumen yang sudah diserahkan akan dikirim ke kantor cabang BPJamsostek untuk diverifikasi kepersertaannya terlebih dahulu.

Pengajuan KPR BPJamsostek juga akan melewati proses BI Checking, jadi pastikan kemampuan finansial memadai dan tidak masuk dalam daftar hitam BI.

Apabila telah mendapatkan verifikasi dan persetujuan kredit, persiapkan biaya prarealisasi kredit pada rekening tabungan. Terakhir, calon debitur akan diminta untuk menandatangani MLT dan siap-siap memerima pencarian KPR BPJS Ketenagakerjaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr bpjs ketenagakerjaan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top