Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Dampak Covid-19, Rekind Berdayakan UMKM

PT Rekayasa Industri (Rekind) menyalurkan bantuan untuk penanganan wabah corona, dari produk-produk yang dibuat oleh UMKM mitra binaannya.
Ilustrasi alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19./Dok. Istimewa
Ilustrasi alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Rekayasa Industri (Rekind) perusahaan teknik dan konstruksi nasional, memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis dan menyediakan portable handwash, dan pembagian masker bagi masyarakat di sejumlah wilayah.

Direktur Utama Rekind, Yanuar Budinorman mengatakan bahwa kelengkapan bantuan tersebut diproduksi langsung oleh sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaan Rekind, sebagai bentuk gambaran sinergi yang solid antar keduanya.

Menurutnya upaya ini juga menyiratkan bentuk kepedulian Rekind terhadap nasib mitra binaan mereka yang mayoritas pelaku UMKM, yang kini usahanya terdampak Covid-19.

"Selain memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat, inisiasi program ini diharapkan mampu meringankan beban yang dihadapi mitra binaan Rekind. Semoga semangat usahanya terus bangkit dan mampu menjadi pahlawan ekonomi dari sektor UMKM," terangnya, seperti dikutip dari siaran persnya, Sabtu (2/5/2020).

Pihaknya menyatakan bahwa dukungan yang diberikan Rekind sejalan dengan pemerintah yang saat ini terus mendorong pelaku UMKM di Indonesia untuk tetap bisa eksis dalam situasi seperti sekarang.

Langkah ini penting, karena lanjut Yanuar, pelaku UMKM dikenal punya mental baja dan tahan banting dalam menggeluti usaha. Bahkan, di tengah kelesuan perekonomian dan kehati-hatian pengusaha asing, tidak tertutup kemungkinan UMKM menjadi garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di dalam negeri.

Menurutnya, salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu sengaja mendorong mitra binaannya untuk secara tidak langsung terlibat dalam program CSR. Satu diantaranya menggandeng pengusaha konveksi untuk membuat pakaian APD.

Melalui kerjasama, bimbingan dan dukungannya, mitra binaan Rekind mampu membuat pakaian APD berkualitas, sesuai dengan standar WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Berkat dukungan yang diberikan Rekind, kami kebanjiran order, baik dari kalangan rumah sakit, partai hingga sejumlah BUMN. Semoga dukungan ini akan terus membangkitkan semangat kami untuk tetap berjuang guna ikut serta menggerakkan roda perekonomian bangsa," tutur Sutisna, pemilik konveksi.

Selain dukungan kepada mitra binaan, Rekind juga berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak dari mewabahnya Covid-19 ini, dengan mewujudkan program bantuan sembako dan handsanitizer bagi 1430 kepala kekuarga di 3 RW di wilayah Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara di Bojonegoro, Rekind mendonasikan 100 Rapid Test Kit ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro pada 29 April 2020, yang langsung diterima Dinas Kesehatan Bojonegoro, Bantuan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya pada 15 April 2020 juga telah menyerahkan bantuan 100 Rapid Test Kit.

Rekind juga membagikan hand sanitizer, alat semprot desinfektan dan sarung tangan kain serta makanan dan minuman untuk menjaga stamina Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 di Bojonegoro.

Pembagian tersebut dilakukan di 5 Kecamatan, yaitu; Ngasem, Gayam, Kalitidu, Purwosari, dan Tambakrejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper