Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Achmad Bakir Raih TOP CEO BUMN Awards 2021, Malang Melintang dari Rekind hingga Pupuk Indonesia

Achmad Bakir Pasaman mengawali karier dari PT Rekaya Industri sebelum akhirnya menduduki kursi tertinggi di Pupuk Indonesia.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 30 November 2021  |  15:33 WIB
Achmad Bakir Raih TOP CEO BUMN Awards 2021, Malang Melintang dari Rekind hingga Pupuk Indonesia
Achmad Bakir Pasaman, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero). - Pupuk Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan dalam ajang TOP BUMN Awards 2021 yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021).

Achmad memenangkan kategori TOP CEO in Sustainable Business Growth untuk perusahaan BUMN sektor nonkeuangan dengan aset di atas Rp15 triliun.

Achmad Bakir Pasaman menjabat sebagai Direktur Utama Pupuk Indonesia sejak 4 Agustus 2020. Sebelumnya, dia menduduki posisi sebagai Direktur Utama Pupuk Kaltim sejak (2016-2020). Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim (2010-2016).

Dia ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia menggantikan Aas Asikin Idat yang sudah menjabat sejak 2015. 

Namun, sebelum berkiprah di perusahaan plat merah, Achmad Bakir Pasaman memulai kariernya di PT Rekayasa Industri (Rekind) sejak 1985 hingga 2000.

Tugas selanjutnya dia ditunjuk menjadi CEO Rekayasa Industri Malaysia Sdn Bhd yang merupakan asosiasi dari Rekind yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk periode 2000 hingga 2005.

Kemudian pada 2005 hingga 2011, Achmad menjabat sebagai Direktur Internasional Comspain XXI S.A yang merupakan afiliasi dari Rekind yang berlokasi di Spanyol. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur di Rekind untuk periode 2007 hingga 2010.

Achmad membangun karir dengan meraih gelar Insinyur Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung (1984), gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya, Jakarta (1996) serta gelar Magister Hukum Bisnis dari Universitas Padjadjaran (2008).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN rekind Pupuk Indonesia direksi bumn
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top