Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tiga Bandara AP I dengan Aktivitas Kargo Tersibuk

AP I menuturkan ada tiga bandara kelolaannya yang mengalami kenaikan aktivitas kargo selama periode 25-28 April 2020.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat ada tiga bandara dengan aktivitas penerbangan kargo tertinggi selama periode 25-28 April 2020.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan secara total ada sembilan bandara perseroan yang melayani penerbangan kargo pada periode tersebut. Aktivitas kargo mencakup 409 penerbangan (204 kedatangan dan 205 keberangkatan) dengan total muatan sebanyak 2.315.627 kg.

"Tiga bandara itu adalah Bandara Sentani Jayapura, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar," kata Faik dalam siaran pers yang dikutip, Jumat (1/5/2020).

Dia menjelaskan Bandara Sentani dengan 243 penerbangan (121 kedatangan dan 122 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 1,124 juta kg. Selanjutnya, Bandara Sultan Hasanuddin dengan 62 penerbangan (33 kedatangan dan 29 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 432.380 kg.

Sementara, lanjutnya, untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan 17 penerbangan (8 kedatangan dan 9 keberangkatan) dan pergerakan kargo sebesar 204.284 kg.

Di sisi lain, tren permintaan penerbangan ekstra untuk mengangkut logistik ini lebih awal terjadi di Bandara Sentani. Terlebih, sejak penerapan kebijakan Gubernur Papua untuk menutup akses masuk orang atau penumpang baik melalui laut maupun udara sejak 26 Maret 2020.

Dia menambahkan tren penambahan penerbangan kargo tersebut juga terjadi di Bandara SAMS Sepinggan yang dilakukan sejak 10 April 2020 dan terus berlanjut hampir setiap hari dengan 2 penerbangan per harinya (datang dan berangkat) hingga 28 April 2020.

“Adapun maskapai yang mengajukan tambahan penerbangan tersebut di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air dengan tujuan Jakarta-Cengkareng, Makassar, dan Palu,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sejak 25 April tercatat sebanyak 62 penerbangan kargo yang terdiri atas 33 kedatangan dan 29 keberangkatan. Pergerakan kargo tersebut sebesar 432.380 kg. 

Penerbangan kargo dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia, Wings Air, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, My Indo Airlines, Trigana Air, Cardig Air dengan tujuan Timika, Jakarta-Cengkareng, Ambon, Babo (Papua Barat), Jakarta-Halimperdanakusuma, Balikpapan, Surabaya, Sorong, Sentani, Soroako (Sulawesi Selatan), Kendari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper