Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BKPM : Residensial dan Kawasan Industri Penyumbang Utama Investasi

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat sektor properti sebagai salah satu kontributor terbesar total investasi yang masuk ke Indonesia sepanjang kuartal I/2020. Permintaan hunian tapak dan kawasan industri dinilai sebagai penyumbang utama.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 23 April 2020  |  15:20 WIB
Proyek Green Valley Balikapapan, proyek hunian vertikal yang digarap oleh PT Karya Bersama Anugerah Tbk. - greenvalleybalikpapan.com
Proyek Green Valley Balikapapan, proyek hunian vertikal yang digarap oleh PT Karya Bersama Anugerah Tbk. - greenvalleybalikpapan.com

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat sektor properti sebagai salah satu kontributor terbesar total investasi yang masuk ke Indonesia sepanjang kuartal I/2020. Permintaan hunian tapak dan kawasan industri dinilai sebagai penyumbang utama.

Manager Research & Consultancy Coldwell Banker Commercial Angra Angreni menyebutkan properti residensial menjadi penyumbang utama karena punya permintaan yang riil. Selain itu sektor kawasan industri juga menunjukkan tren positif pada awal tahun.

“Sedangkan untuk sektor komersial lainnya malah cenderung stagnan bahkan turun,” ungkapnya kepada Bisnis, Kamis (23/4/2020).

Adapun, transaksi yang terjadi di kuartal I/2020 lebih didominasi oleh hasil dari proses pemasaran pada 2019 yang lalu. Sentimen positif terhadap 2020 yang akan mengalami pertumbuhan membuat sektor properti memang sempat melejit di awal tahun.

Kendati demikian, menurutnya sektor properti tidak bisa berharap banyak pada kuartal II/2020 melihat kondisi secara siklus yang juga umumnya mengalami perlambatan.

Namun, melihat data BKPM, Angra menyebutkan ada kemungkinan bahwa sektor properti masih dianggap menjadi salah satu opsi investasi, apalagi di tengah pandemi ini belum ada sentiment negatif terhadap sektor properti.

“Terbukti sampai sekarang walaupun penurunan aktivitasnya drastis, tapi baik leasing maupun selling activities masih terus berlangsung, meskipun dalam kondisi ruang gerak yang terbatas,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hunian investasi properti covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top