Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Kediri Bakal Tambah Konektivitas Udara di Jatim

Pembangunan Bandara Kediri yang diprakarsai oleh PT Gudang Garam Tbk., akan dilakukan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 16 April 2020  |  07:59 WIB
Bandara Kediri Bakal Tambah Konektivitas Udara di Jatim
Pesawat Lion Air menjadi latar belakang para calon penumpang di Bandara Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (12/2/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan optimistis pembangunan Bandara Kediri akan meningkatkan konektivitas udara di wilayah Jawa Timur.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan saat ini di Jawa Timur terdapat enam bandara yang beroperasi. Keenam bandara tersebut telah melayani 16 persen pergerakan pesawat secara nasional, tetapi angka tersebut masih kurang dari pertumbuhan nasional.

"Oleh karena itu, bandara baru ini diharapkan dapat meningkatkan tren pertumbuhan penerbangan di wilayah Jawa Timur,” kata Novie dalam siaran pers, Kamis (16/4/2020).

Dia menuturkan pembangunan Bandara Kediri yang diprakarsai oleh PT Gudang Garam, Tbk, akan dilakukan melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Penetapan lokasi juga telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan No. 28/2020 pada 4 Februari 2020.

Bandara Kediri, lanjutnya, direncanakan memiliki fasilitas landas pacu (runway) 3.300 x 45 m2 dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti PKP-PK serta fasilitas sisi darat (terminal penumpang, terminal kargo, parkir kendaraan). Pembangunan bandara dilakukan di lahan seluas 450 hektare.

Novie menuturkan pada pembukaan nantinya Bandara Kediri tahap pertama sudah dapat menampung sekitar 2,5 juta penumpang per tahun dan runway bisa melayani hingga sembilan pergerakan pesawat pada jam sibuk.

“Kami berkeyakinan bahwa kediri dapat menjadi sentra ekonomi baru di Jawa Timur. Kami mengapresiasi pembangunan bandara baru ini untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Kota Kediri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub bandara
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top