Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tekan Dampak Corona, CORE: Manufaktur Butuh Subsidi Harga Gas dan Listrik

Industri manufaktur merupakan penyumbang besar produk domestik bruto (PDB) nasional.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 16 April 2020  |  17:51 WIB
Suasana di salah satu pabrik perakitan motor di Jakarta, Rabu (1/8/2018). Bisnis - Abdullah Azzam
Suasana di salah satu pabrik perakitan motor di Jakarta, Rabu (1/8/2018). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan pemerintah sebaiknya memberikan subsidi nyata kepada sektor industri untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Apalagi, International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi Indonesia pada 2020 hanya tumbuh 0,5 persen akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, pemerintah harus menjaga sumber-sumber penggerak pertumbuhan ekonomi.

"Salah satu sektor yang menyumbang terhadap PDB [produk domestik bruto] itu industri manufaktur maka perkembangan sektor ini perlu terus diperhatikan pemerintah," katanya ketika dihubungi, Kamis (16/4/2020).

Dia menuturkan pemerintah sebenarnya sudah memberikan stimulus kepada pelaku industri manufaktur untuk mengurangi dampak negatif virus corona kepada sektor tersebut.

Jika melihat dari pendekatan yang dilakukan pemerintah, industri manufaktur sudah mendapatkan prioritas pada insentif yang tertuang dalam paket stimulus II. Termasuk di dalamnya pembebasan PPh dan PPN, baik untuk pekerja maupun perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

"Namun, pemerintah masih bisa menambah insentif, misalnya subsidi harga gas dan listrik untuk industri. Tujuannya untuk meringankan beban pelaku usaha," imbuhnya.

Tak hanya Indonesia, IMF juga memperkirakan negara Asia lainnya seperti India akan tumbuh 1,9 persen dan Thailand mengalami kontraksi besar hingga -6,7 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur Harga Gas subsidi listrik Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top