Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Ruas Pekanbaru-Dumai, Gajah pun Memiliki “Jalan Tol” Sendiri

Jalan tol Pekanbaru—Dumai sepanjang 131,50 kliometer merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatra yang sudah dibangun sejak 2016
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 15 April 2020  |  11:02 WIB
Ilustrasi terowongan perlintasan gajah di jalan tol Pekanbaru--Dumai. - Istimewa/BPJT
Ilustrasi terowongan perlintasan gajah di jalan tol Pekanbaru--Dumai. - Istimewa/BPJT

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai upaya melindungi habitat sekaligus keselamatan satwa gajah di sekitar kawasan jalan tol Pekanbaru—Dumai Seksi 4, akan dibuat enam terowongan perlintasan gajah.

Keberadaan terowongan-terowongan tersebut nantinya berfungsi sebagai akses kawanan gajah yang ada di habitatnya yang langsung terhubung dengan delapan kantung habitat gajah.

Badan Pengatur Jalan Tol dalam laman resminya menyebutkan bahwa terdapat enam perlintasan yang akan dibangun.

Perlintasan pertama di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

Kemudian, lima perlintasan lainnya berada di seksi 4 dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Terowongan perlintasan gajah dibuat sekaligus menjaga keselamatan para pengguna jalan tol dengan menyesuaikan habitat aslinya di alam.

Perlintasan tersebut berukuran clearance 5,10 meter dan lebar 40 meter. Di bagian kiri dan kanan jalan yang ada di sekitar terowongan dibuat pagar pengaman agar satwa-satwa tersebut aman dan selalu terjaga ekosistemnya.

Jalan tol Pekanbaru—Dumai sepanjang 131,50 kliometer merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatra yang sudah dibangun sejak 2016 terdiri atas 6 Seksi, yaitu seksi 1 Pekanbaru—Minas (9,50 km), seksi 2 Minas—Petapahan (24,10 km), seksi 3 Petapahan—Kandis Utara (16,90 km), seksi 4 Kandis Utara—Duri Selatan (26,25 km), seksi 5 Duri Selatan—Duri Utara (29,31 km), dan seksi 6 Duri Utara—Dumai (25,44 km).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol pekanbaru-dumai
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top