Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Siap Jadikan Teminal Penumpang Sebagai RS Khusus Corona

Apabila diperlukan Pelindo III siap mengubah terminal penumpang menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien Covid-19
Ilustrasi - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan./Bisnis-Youtube
Ilustrasi - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan./Bisnis-Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Berantas penyebaran virus corona atau Covid-19, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III siap menjadikan terminal penumpangnya sebagai rumah sakit darurat khusus pasien corona.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung menuturkan, Pelindo III beserta BUMN dan swasta berkomitmen penuh membantu pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. 

"Kami terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata bagi setiap warga, Pelindo III berharap berbagai macam bantuan termasuk jika diperlukan mengubah terminal penumpang menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien Covid-19," ujarnya, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, Pelindo III pun mengoordinasikan donasi lebih dari Rp27 miliar dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia dalam bentuk berbagai program dan aktivitas.

Dana itu telah direalisasikan dalam berbagai wujud, diantaranya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, pembangunan ruangan rehabilitasi ruangan isolasi di rumah sakit rujukan, pembentukan satgas Covid-19 di Provinsi Bali, pengadaan alat rapid test, bantuan sarana cuci tangan di tempat umum, masker, hingga cairan sanitasi tangan.

“Kami sadar jika kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan dan semoga apa yang dilakukan ini bisa membantu menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia," katanya.

Menurutnya, kekuatan gotong royong dari korporasi maupun masyarakat berkontribusi besar dalam memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia, dan Pelindo III juga siap jika nantinya terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi Rumah Sakit khusus untuk menangani pasien virus corona.

Selain itu, di Surabaya pihaknya bekerjasama dengan sebuah hotel untuk memberikan fasilitas kamar beserta semua akomodasinya gratis bagi dokter dan petugas medis yang ditolak oleh warga sekitar tempat tinggalnya untuk tinggal maupun menjalani masa karantinanya.

Dia menyebut perseroan telah melakukan berbagai pencegahan dan penanggulangan, baik di internal maupun eksternal perusahaan. Di antaranya adalah penerapan physical distancing yang ketat di area pelabuhan dan perkantoran, penyediaan bilik steril dan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, hingga pemberian vaksin influenza dan minuman herbal gratis untuk meningkatkan daya tahan tubuh para pegawai.

Pelindo III juga siap jika terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia harus diubah menjadi Rumah Sakit khusus untuk menangani pasien virus corona.

Dia juga tetap memberikan pelayanan distribusi logistik selama 24 jam penuh tanpa henti, guna menjamin kelancaran logistik tetap terjaga di tengah pandemi Covid-19. 

“Komitmen kami tidak hanya cukup pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, terutama di lingkungan kerja. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami menjamin kelancaran logistik selama 24 jam –7 hari penuh sesuai tugas kami,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper