Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak PSBB, Operasional KRL Jabodetabek Dievaluasi

Hasil evaluasi akan dirapatkan kembali untuk ditindaklanjuti pada Rabu (8/4/2020).
Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, Senin (23/3/2020).  Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, Senin (23/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih mengevaluasi penerapan pedoman pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terhadap operasional kereta rel listrik (KRL) yang akan diterapkan di DKI Jakarta.

Direktur Teknis KCI Saridal bersama dengan direksi lainnya mengaku tengah mengevaluasi sejumlah lintas mulai dari Cikarang menuju Jakarta hingga jalur menuju Bogor. Hasil evaluasi akan dirapatkan kembali untuk ditindaklanjuti pada Rabu (8/4/2020).

"[Lintas] yang ke Bogor dan Depok ini juga menunggu keputusan pemerintah pusat. Ini yang harus dirapatkan, kalau hanya DKI operasional harus seperti apa," katanya, Selasa (7/4/2020).

Dia menuturkan rencananya operasional KRL akan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

Saridal melanjutkan anjuran PSBB terkait jaga jarak atau physical distance yang dijalankan adalah penumpang diwajibkan menggunakan masker. Bagi penumpang yang kedapatan tidak mengenakan masker akan diturunkan.

Selain itu, kapasitas penumpang diatur sesuai dengan kapasitas Moda Raya Terpadu (MRT). KCI membatasi setidaknya 60 penumpang per gerbong kereta.

"Kereta sudah kami tandai bangkunya panjang hanya untuk empat orang. Penumpang yang berdiri pun kami tandai tempatnya," imbuhnya.

Saridal menyebutkan dengan berlakunya kebijakan ini dan penurunan jumlah penumpang akan berdampak terhadap dana subsidi (public service obligation/PSO) yang dikucurkan oleh pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper