Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Bakal Awasi Ketat Arus Logistik Pangan

Kelancaran logistik tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan larangan dan imbauan tidak mudik.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  15:33 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - ANTARA
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah bakal memperketat pengawasan jalur logistik bahan pangan guna memastikan penyalurannya tidak terhambat selama masa pandemi corona (Covid-19).

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sudah melakukan pengecekan dan tidak ada persoalan dari sisi ketersedian pasokan untuk 11 bahan pokok. Pemerintah akan memberikan fasilitas optimal untuk penyaluran bahan pangan.

"Kalau bahan pangan itu sudah diatur sedemikian rupa hampir tidak ada masalah lah. Ketersedian 11 bahan pakan itu kami cek masih tersedia. Hanya penyalurannya ini yang perlu kita waspadai jangan sampai terhambat baik beras gula segala macam itu," jelasnya melalui rilis media virtual yang dikutip, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, Luhut juga menyampaikan kelancaran logistik tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan larangan dan imbauan tidak mudik.

Pasalnya dalam memberlakukan kebijakan tersebut akan mempertimbangkan pengaturan akses jalur darat seperti jalan tol. Pembatasan jalan tol bisa berisiko mematikan jalur logistik.

"[Pembatasan akses jalan tol] sedang dikaji oleh Kementerian Perhubungan, kami nanti akan sarankan mana mana supaya yang penting yang saya katakan tadi semua bisa lancar, tapi social distancing jalan, orang yang tidak kerja juga bisa masih hidup dengan bantuan pemerintah," imbuhnya.

Selain itu, Luhut juga menegaskan dalam pekan ini akan ada kepastian terkait kebijakan karantina wilayah. Kepastian kebijakan segera diambil agar jangan sampai kasus positif corona meluas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Luhut Pandjaitan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top