Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo III Siapkan Bilik Disinfeksi untuk Penumpang

Pelindo III yang mengelola 16 terminal tujuan kapal penumpang menerapkan pembatasan jarak fisik yang aman untuk para calon penumpang dengan memberikan tanda silang “X” di kursi antrian penumpang
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  06:30 WIB
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mencegahan penyebaran corona (Covid-19) di pelabuhan penumpang kelolaannya dengan menyiapkan bilik disinfeksi bagi penumpang dan sudah menerapkan jaga jarak (physical distancing).

VP Corporate Communications Pelindo III Wilis Aji mengatakan dengan metode ini diharapkan dapat mengurangi interaksi langsung para calon penumpang kapal yang akan naik atau turun dari kapal melalui terminal penumpang.

“Saat ini kami juga sedang merencanakan memasang alat penyemprot disinfektan untuk penumpang yang turun dari kapal dan kendaraan-kendaraan yang akan naik dan turun dari kapal ro-ro, sehingga virus corona tersebut dapat diminimalisir penyebarannya sebelum masuk ke wilayah pelabuhan,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Kendati demikian, imbuhnya, bukan berarti pembatasan tersebut membuat seseorang memutus kontak dengan orang lain secara sosial, hanya diatur jarak dan menghindari saling bersentuhan karena cara ini dipercaya efektif dalam mengurangi penyebaran Covid-19 yang bisa terjadi melalui percikan (droplet) dari mulut atau hidung saat sedang batuk bersin bahkan berbicara.

Pelindo III yang mengelola 16 terminal tujuan kapal penumpang menerapkan pembatasan jarak fisik yang aman untuk para calon penumpang dengan memberikan tanda silang “X” di kursi antrian penumpang agar tidak duduk bersebelahan dan menjaga jarak antrian hingga satu meter dengan tanda stiker yang ditempel pada lantai dan disediakan pula hand sanitizer dibeberapa titik untuk para penumpang.

"Saat penumpang akan masuk ke terminal penumpang kami bersama tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan memeriksa suhu badan menggunakan thermal gun atau pengukur suhu badan digital dan penumpang juga akan melewati bilik steril yang telah disiapkan," ujarnya.

Jika nanti ditemui ada penumpang yang suhu badannya mencapai 38º Celcius, lanjutnya, maka akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas KKP di ruangan khusus yang telah disiapkan di dalam terminal penumpang.

Ketika setelah diperiksa oleh dokter dari KKP dan penumpang tersebut memiliki tanda-tanda yang mengarah ke gejala penderita Covid-19 maka akan segera dirujuk ke RSUD setempat, dan tidak boleh melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top