Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sepi Penumpang, TransNusa Hentikan Operasi Sementara

Penurunan jumlah penumpang ditengarai menjadi penyebab utama maskapai untuk melakukan penyesuaian operasional.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  21:49 WIB
Ilustrasi - Pesawat ATR milik TransNusa - Bisnis/Istimewa
Ilustrasi - Pesawat ATR milik TransNusa - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transnusa Aviation Mandiri atau TransNusa memutuskan untuk menghentikan layanan penerbangan sementara dari dan menuju Nusa Tenggara Timur pada 1-15 April 2020 sebagai dampak menurunnya jumlah penumpang dan pemerintah daerah yang menutup akses penerangan.

Managing Director TransNusa Bayu Sutanto mengaku sudah mengandangkan 4 unit pesawatnya hingga saat ini. Penurunan jumlah penumpang ditengarai menjadi penyebab utama maskapai untuk melakukan penyesuaian operasional.

"Benar, tanggal itu kami menghentikan sementara operasional khusus rute di NTT. Corona membuat penumpang jadi sepi, ditambah beberapa pemerintah daerah yang melarang pesawat daerah lain untuk masuk," kata Bayu kepada Bisnis.com, Kamis (26/3/2020).

Pihaknya telah menyampaikan keputusan rapat tentang kebijakan refund and reschedule atas pembatalan bepergian karena virus corona. Adapun, prioritas utama perusahaan adalah kesehatan penumpang dan karyawan TransNusa.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari situs resmi TransNusa, pertama, proses refund dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di internal TransNusa. Penumpang yang ingin melakukan refund tiket dapat diarahkan untuk melakukan reschedule.

Proses reschedule dilakukan dengan tidak dikenakan biaya (no charge) kepada penumpang, dan apabila terdapat perbedaan Sub Class, maka selisih harga tiket akan dibebankan kepada penumpang.

Kebijakan ini dibuat terhitung mulai sejak notice ini dikeluarkan sampai dengan adanya commercial notice berikutnya seiring dengan update informasi tentang perkembangan virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top