Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dirjen Perkeretaapian Positif Corona, Ini Kronologisnya

Sebelumnya pada 9-13 Maret 2020 sudah menjalani rawat inap karena terindikasi pneumonia dengan gejala batuk-batuk kecil di salah satu rumah sakit swasta di Tangerang.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  16:41 WIB
Dirjen Perkeretapian Kemenhub Zulfikri (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers, Senin (31/12/2018). - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Dirjen Perkeretapian Kemenhub Zulfikri (tengah) menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers, Senin (31/12/2018). - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri membagikan kronologinya hingga dinyatakan positif menderita penyakit dari virus corona (Covid-19).

Zulfikri dinyatakan terkena Covid-19 pada Selasa (24/3/2020) pagi tadi berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan pada Rabu (18/3/2020) yang dilakukan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Saya diinformasikan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan di Kemenhub 18 Maret 2020. Saat itu semua peserta tes berstatus ODP [orang dalam pemantauan] dan diminta isolasi rumah menunggu hasil. Alhamdulillah, istri dinyatakan negatif," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/3/2020).

Saat ini, dia diminta untuk melakukan isolasi kamar dan menunggu arahan dari Satuan Tugas Corona Virus Disease (Covid-19) yang kemungkinan akan melakukan swab test kembali melihat perkembangan dari hasil swab test terdahulu.

Dia bercerita, sebelumnya pada 9-13 Maret 2020 sudah menjalani rawat inap karena terindikasi pneumonia dengan gejala batuk-batuk kecil di salah satu rumah sakit swasta di Tangerang. 

Setelah rawat inap, Zulfikri diperbolehkan kembali ke rumah dengan diberikan resep antibiotik. Terhitung sejak Sabtu (21/3/2020) dia dinyatakan membaik dan tidak diberikan antibiotik kembali. 

"Sampai sekarang saya dalam keadaan sehat tanpa demam, tanpa batuk dan tanpa sesak napas," terangnya.

Sejak berstatus ODP, dia melakukan isolasi di rumah, menggunakan masker dan menghindari kontak dengan yang lainnya. Namun, dia tetap meminta bagi siapa saja yang pernah berkontak dengannya dalam kurun waktu tersebut dengan gejala yang mirip agar memeriksakan diri ke dokter.

"Saya tetap memohon bagi yang mungkin pernah kontak dengan saya dalam kurun waktu tersebut segera memeriksakan diri ke dokter khususnya yang memiliki gejala dan riwayat kesehatan yang kurang baik dalam upaya memutus rantai penularan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top