Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Darurat Corona, Sri Mulyani: Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas 50 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan dirinya telah memetakan belanja perjalanan dinas pada tahun ini mencapai Rp43 trilliun dan setengahnya akan dipangkas.
Muhammad Khadafi & Muhamad Wildan
Muhammad Khadafi & Muhamad Wildan - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  13:23 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan kepada tim Bisnis Indonesia saat wawancara eksklusif di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan kepada tim Bisnis Indonesia saat wawancara eksklusif di Jakarta, Jumat (22/11/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan memangkas belanja perjalanan dinas pada tahun ini hingga 50 persen untuk menangani wabah virus Corona atau Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan dirinya telah memetakan belanja perjalanan dinas pada tahun ini mencapai Rp43 trilliun.

"Sesuai arahan Presiden, Rp43 triliun itu diminta 50 persennya untuk belanja priotitas," ujar Sri Mulyani dalam pemaparan Setkab, Jumat (20/3/2020).

Menurutnya, pemerintah tengah menjalankan pemangkasan ini.

Pasalnya, pemerintah sudah menegaskan bahwa APBN 2020 akan diarahkan untuk menopang kesehatan, jaring pengaman sosial dan dukungan bagi dunia usaha di tengah wabah virus Corona.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta seluruh kementerian dan pemerintah daerah memangkas belanja APBN yang tidak prioritas.

Menurutnya banyak sekali anggaran yang dapat direalokasikan untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

“Banyak sekali ini yang tidak prioritas pangkas dulu. Anggaran perjalanan dinas, belanja rapat, pembelian barang yang tidak prioritas saya minta dipangkas,” kata dalam Pembukaan Ratas Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19 melalui video conference, Jumat (20/3/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top