Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Virus Corona, Jadwal Keberangkatan KA Tetap Normal

KAI tetap konsisten melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dan di atas KA, seperti menyediakan hand sanitizer di beberapa sudut stasiun maupun kereta.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  00:31 WIB
Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa. - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa. - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memastikan seluruh jadwal perjalanan kereta api (KA) tetap berjalan normal kendati pemerintah mengeluarkan anjuran bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan keberangkatan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota tetap sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Demikian juga untuk KA Lokal, seperti KA Jatiluhur, KA Walahar, KA Lokal Merak, KA Pangrango, KA Siliwangi tetap beroperasi seperti biasa.

"Kami sebagai perusahaan jasa transportasi publik, tetap memberlakukan pengoperasian KA sesuai jadwal. Hingga kini belum ada jadwal KA yang dikurangi maupun diubah, baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal," kata Eva dalam siaran pers, Senin (16/3/2020).

Dia menambahkan KAI tetap konsisten melakukan pencegahan penyebaran virus Corona di area stasiun dan di atas KA, seperti menyediakan hand sanitizer di beberapa sudut stasiun maupun kereta, dan menempatkan petugas khusus untuk melakukan pengecekan suhu tubuh kepada calon penumpang. 

Pihaknya menuturkan langkah pencegahan lainnya adalah, terus menjaga kebersihan sarana kereta dan penyemprotan disinfektan pada sarana KA, baik interior maupun eksterior. Pencucian kereta juga dilakukan secara rutin setiap sebelum perjalanan di area stabling.

Khusus di Daop 1 Jakarta, stabling pencucian Kereta Api Jarak Jauh dilakukan di Stasiun Pasarsenen, Dao/Jakarta Gudang, Tanah Abang. Adapun, untuk KA Lokal pencucian dilakukan di Stasiun Sukabumi, Cikampek, Tanjung Priok, Merak dan Rangkasbitung.

Eva memaparkan tahapan terbagi menjadi dua, pertama, bagian interior dengan menyapu lantai dan menyeka debu-debu yang ada di bagian interior, kemudian flapon atau membersihkan bagian langit-langit kereta, dilanjutkan pada bagian bordes dan toilet.

Kemudian, mopping atau mengepel lantai dan finishing atau pengecekan ulang segala pembersihan bagian interior. Setelah itu baru dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mematikan kuman-kuman jika masih ada yang menempel pada sisi interior

Kedua, pekerjaan bagian eksterior tahapannya adalah isi mengisi air, wall cleaning atau pencucian bagian luar kereta api, swizzy glass (bagian kaca), dan finishing

"Bantal sebagai fasilitas di setiap perjalanan KA yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top