Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus Transjabodetabek Masih Beroperasi Normal

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menyebut sejauh ini belum ada perubahan pola layanan bus Transjabodetabek, baik Transjabodetabek Premium maupun Transjabodetabek Bisnis
Bus Transjabodetabek/Antara-Risky Andrianto
Bus Transjabodetabek/Antara-Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan bus Transjabodetabek dipastikan normal pada Senin (16/3/2020) meskipun sejumlah perusahaan dan instansi memutuskan untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menyebut sejauh ini belum ada perubahan pola layanan bus Transjabodetabek, baik Transjabodetabek Premium maupun Transjabodetabek Bisnis. Masih seperti biasanya bus berangkat pada pagi hari dari kota-kota satelit menuju pusat kota Jakarta dan sebaliknya pada sore hari.

"Sejauh ini masih normal saja," katanya kepada Bisnis, pada Senin (16/3/2020).

Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan pola operasi seperti Transjakarta apabila kedepannya ada masukan dari Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) dan Kementerian Perhubungan.

Perum PPD mengoperasikan layanan Transjabodetabek dari sejumlah titik di sekitar Jakarta, antara lain Bekasi Barat, Bekasi Timur, BSD, Cibinong, Cileungsi, Jatiwarna, Tambun, dan Tangerang.

Seperti diketahui, layanan angkutan umum yang berada di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk diantaranya adalah bus Transjakarta dibatasi selama dua pekan mulai Senin (16/3/2020). Bus Transjakarta hanya melayani koridor utama yaitu koridor 1-13 dengan jarak antarbus (headway) 20 menit.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis di grup Whatsapp yang digunakan sebagai sarana komunikasi antara penumpang, kru bus, dan koordinator lapangan Transjabodetabek Premium rute LRT City Bekasi Timur-Grand Paragon Harmoni PP, sebagian dari penumpang mengaku masih harus bekerja di kantor pada Senin (16/3/2020). Hal yang sama juga terjadi di grup serupa untuk layanan Transjabodetabek Bisnis rute Bekasi Timur-Monas PP.

Masih seperti biasanya, salah satu koordinator lapangan menyampaikan jadwal harian untuk keberangkatan bus di pagi hari lengkap dengan nomor lambung bus yang dioperasikan melalui grup Whatsapp. Namun, yang membedakan dari biasanya adalah koordinator lapangan bertanya kepada penumpang perihal kebijakan bekerja dari rumah di perusahaan tempat mereka bekerja.

Selain itu, koordinator lapangan juga mengingatkan penumpang agar menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh Perum PPD di pintu akses naik dan turun bus untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di dalam bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper