Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Jawa 2 Beroperasi, Ini Keunggulannya

Saat beroperasi PLTGU Jawa 2 juga didesain lebih efisien dan ramah lingkungan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  02:42 WIB
Pekerja melakukan pengecekan pada proyek PLTGU Jawa 2 di Jakarta, Kamis (10/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja melakukan pengecekan pada proyek PLTGU Jawa 2 di Jakarta, Kamis (10/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA —PLN mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 2 untuk menjaga keandalan pasokan listrik di sistem kelistrikan Jawa Bali.

PLTGU ini berlokasi di area PT Indonesia Power UPJP Priok, Jakarta Utara dengan luas area sebesar kurang lebih 5,2 hektare.

Proyek PLTGU Jawa 2 memproduksi daya sebesar 800 Megawatt (MW) yang berasal dari Gas Turbine 2x300 MW dan Steam Turbine 1x200 MW.

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PT PLN (Persero) Haryanto WS mengatakan sebagai pembangkit berbahan bakar gas, PLTGU Jawa 2 merupakan pembangkit dengan tipe load follower ataupun peaker yang lebih berfungsi menjaga keandalan listrik karena dapat membangkitkan listrik dalam waktu yang cepat.

“Jadi ketika terjadi peningkatan kebutuhan secara tiba-tiba, ataupun ada gangguan pada satu pembangkit di sistem Jawa Bali, pembangkit ini yang akan segera memenuhi kebutuhan listrik pada sistem,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/2/2020).

Saat beroperasi PLTGU Jawa 2 juga didesain lebih efisien dan ramah lingkungan.

Hal ini didukung dengan sistem pembakaran dry low Nitrogen Oksida (NOx) type combuster di PLTGU sehingga menghasilkan emisi gas buang pembangkit NOx ramah lingkungan.

Daya yang dihasilkan oleh PLTGU Jawa 2 disalurkan melalui Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Priok, selanjutnya dari IBT 500 kV/150 kV akan disalurkan ke sistem jaringan 150 kV ke arah GIS 150 kV Priok Timur Baru dan GIS 150 kV Priok Barat.

Pembangunan PLTGU Jawa 2 memiliki nilai investasi sebesar Rp6,3 Triliun dan berhasil menyerap tenaga kerja mencapai 2.141 orang yang terdiri dari 2.090 orang tenaga kerja lokal.

"Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW. Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat dan mendorong tumbuhnya ekonomi,” kata Haryanto.

Menurutnya, PLTGU Jawa 2 turut berperan serta dalam memperbaiki perekonomian, lingkungan, dan kehidupan sosial di daerah sekitar pembangkitan.

Program unggulan berkelanjutan yang dijalankan antara lain rumah kreatif dan inovatif bagi mantan pencandu narkoba, PAUD Inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, serta taman hatinya dan Kampung Sehat Hijaunesia Power yang merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN pembangkit listrik
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top