Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Implementasi Parsial Zero ODOL Dinilai Merugikan

Menurutnya, ketika pelaksanaan zero ODOL hanya di satu lintasan penyeberangan akan menjadi tidak adil, membahayakan dan merugikan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  07:18 WIB
Sejumlah kendaraan pemudik antre masuk kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatra di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Dziki Oktomauliyadi
Sejumlah kendaraan pemudik antre masuk kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatra di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Dziki Oktomauliyadi

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) menilai rencana pemberantasan truk obesitas yang hanya di Lintasan Merak-Bakauheni justru berisiko merugikan.

Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan pemberantasan truk over dimension over load (ODOL) bisa dirasakan manfaatnya secara optimal kalau diterapkan serentak di seluruh pelabuhan dan jalan. Hal tersebut bisa menjamin keselamatan.

"Akan sangat merugikan kalau hanya [penindakan truk ODOL] di Pelabuhan Merak diperketat, tetapi di pelabuhan lain seperti Bojonegara tidak diawasi dan diterapkan. Nantinya, semua truk [ODOL] lewat sana," jelasnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, ketika pelaksanaan zero ODOL hanya di satu lintasan penyeberangan akan menjadi tidak adil, membahayakan dan merugikan. Artinya, penegakan hukum hanya dilakukan separuh jalan, tidak di tempat lainnya.

Penegakan truk ODOL yang sudah dimulai Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tersebut, tuturnya, wajib didukung oleh semua kementerian terkait demi keselamatan transportasi. Tidak hanya di pelabuhan penyeberangan, tetapi secara simutan dilakukan pada jalan nasional dan ruas tol.

"Penegakan ODOL seharusnya tanpa pengecualian, karena itu sama saja dengan kita hidup tanpa peradaban modern," imbuhnya.

Menurutnya, penegakan aturan ODOL yang sekarang mulai ditegakkan adalah langkah yang tepat dan penting untuk meningkatkan keselamatan dalam dunia transportasi. Terlebih, banyak kasus kecelakaan transportasi terjadi akibat pelanggaran ODOL.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

feri penyeberangan Truk ODOL
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top