Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri ESDM Protes Aturan Wajib Kapal Nasional

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengirimkan surat ke Kementerian Perdagangan untuk minta pelonggaran kewajiban penggunaan kapal nasional untuk mengangkut ekspor batu bara.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  17:02 WIB
Menteri ESDM Protes Aturan Wajib Kapal Nasional
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berharap terdapat fleksibilitas dalam penggunaan kapal untuk mengangkut ekspor batu bara. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan penerapan beleid yang mengatur kewajiban menggunakan kapal tersebut merupakan kewenangan Kementerian Perdagangan.

Oleh sebab itu, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kementerian Perdagangan agar ada fleksibilitas penggunaan angkutan laut. Kendati demikian, Arifin enggan untuk membeberkan lebih lanjut isi dari surat tersebut.

"Sudah kirim surat, supaya ada fleksibilitas kalau kapalnya ada di Indonesia bagaimana caranya mengatasi supaya angkutan enggak terlambat. Tanya ke Kementerian Perdagangan," ujarnya di Kementerian ESDM, Jumat (21/02/2020).  

Berdasarkan data Kementerian ESDM, ekspor batu bara tahun ini diperkirakan mencapai 395 juta ton dari rencana produksi yang mencapai 550 juta ton. 

Adapun, sepanjang tahun lalu realisasi ekspor mencapai 454,5 juta ton dari produksi batu bara yang mencapai 616 juta ton.

Sementara itu, kebijakan untuk penggunaan kapal berbendera nasional diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.80/2018 tentang perubahan kedua atas Permendag No.82/2017 tentang Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk Ekspor dan Impor Barang Tertentu.

Sektor yang wajib memenuhi ketentuan tersebut antara lain adalah batu bara, minyak kelapa sawit (CPO), dan impor beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara kementerian esdm kementerian perdagangan kapal nasional
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top