Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bersiap, Maskapai Tebar Promo Nih!

Selain memasuki fase sepi penumpang, merebaknya virus corona juga membuat mayoritas destinasi wisata di Indonesia terimbas penurunan wisatawan dari China. Hal ini lantas dimanfaatkan maskapai untuk menurunkan tarif tiket peswat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  22:22 WIB
Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020). Kesadaran masyarakat menggunakan masker tersebut untuk mengantisipasi tertular virus Corona, dikarenakan Batam dan Natuna menjadi lokasi transit dan observasi bagi 238 orang WNI dari Wuhan, Hubei, China. -  ANTARA / M Risyal Hidayat
Penumpang maskapai Wings Air menggunakan masker saat akan menaiki pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (4/2/2020). Kesadaran masyarakat menggunakan masker tersebut untuk mengantisipasi tertular virus Corona, dikarenakan Batam dan Natuna menjadi lokasi transit dan observasi bagi 238 orang WNI dari Wuhan, Hubei, China. - ANTARA / M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai nasional menggencarkan aksi tebar promo tiket memasuki bulan musim sepi penumpang.

Selain memasuki fase sepi penumpang, merebaknya virus corona juga membuat mayoritas destinasi wisata di Indonesia terimbas penurunan wisatawan dari China. Hal ini lantas dimanfaatkan maskapai untuk menurunkan tarif tiket peswat.

VP Corporate Secretary & CSR Citilink Resty Kusandarina mengatakan pada bulan ini promo diskon harga tiket dilakukan hingga 50 persen

"Kami sedang memberikan diskon untuk semua rute domestik dengan alokasi kuota terbatas sesuai dengan syarat dan ketentian yang berlaku," jelasnya, Rabu (12/2/2020).

Maskapai Lion Air juga mengklaim telah menjual tiket dengan tarif terendah di tiga destinasi arahan pemerintah yakni Manado, Batam, dan Denpasar.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala memerinci untuk rute perjalanan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado (MDC) telah diberikan diskon hingga 50 persen.

Selanjutnya, maskapai berlambang kepala singa tersebut juga memberikan diskon tiket pesawat hingga 60 persen untuk keberangkatan dari CGK menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (DPS).

Besaran diskon serupa juga diberikan maskapai dengan jenis layanan minimum tersebut untuk rute dari CGK menuju Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam (BTH).

Maskapai bertarif hemat tersebut menekankan pemberian diskon promosi tiket juga telah dilakukan untuk destinasi lainnya di luar tiga destinasi arahan pemerintah.

Hal tersebut, katanya, memang harus dilakukan karena bulan ini telah memasuki fase sepi penumpang (low season). Tiket murah tersebut, harap Danang, dapat merangsang masyarakat merencanakan aktivitas perjalanan.

Selain itu, sambungnya, terdapat tingginya permintaan untuk menurunkan tarif domestik dengan kondisi saat ini yang kurang kondusif untuk melakukan perjalanan internasional.

Senada CEO Lion Air Edward Sirait menyebutkan tarif yang dijual sudah dalam rentang termurah dan akan sulit untuk memberikan diskon tambahan.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com dari aplikasi perjalanan daring, Lion air telah menjual tiket dari Jakarta tujuan Bali dengan harga mulai Rp610.000 untuk keberangkatan malam pk20.45. Untuk keberangkatan pagi hingga sore tarif juga berada di bawah Rp1 juta dengan rentang Rp687.000—Rp845.000.

Rute dari Jakarta ke Batam untuk kebarangkatan pagi pk.06.10 berada di Rp614.500. Selebihnya, penerbangan langsung tersebut dijual dengan tarif Rp692.600 hingga Rp743.200.

Tiket tujuan Manado dijual mulai dari harga terendah Rp1,2 juta hingga termahalnya Rp1,7 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top