Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Pemasaran Digital Jadi Fokus Kemenaker

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjajaki kerja sama lanjutan dengan Shopee untuk memberikan pelatihan edukasi pemasaran digital dan pendampingan kepada tenaga kerja mandiri (TKM).  Program TKM ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha pada sektor informal.
Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi./Bisnis-Nurul Hidayat
Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjajaki kerja sama lanjutan dengan Shopee untuk memberikan pelatihan edukasi pemasaran digital dan pendampingan kepada tenaga kerja mandiri (TKM) binaannya

Adapun, program TKM ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha pada tenaga kerja sektor informal.

Program ini juga membina serta mengembangkan kader wirausaha baru (WUB) atau pengusaha pemula yang mandiri dan produktif dengan berbasis sumber daya alam (SDA) yang telah disesuaikan dengan sumber daya manusia (SDM) di daerah.

“Pemerintah ingin wirausaha produktif berbasis rakyat ini terus tumbuh dengan tata kelola yang lebih baik, inovasi yang tidak kenal henti, marketing yang lebih modern, dan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak. Shopee diharapkan dapat memberikan edukasi dan pendampingan terkait pengembangan pemasaran produk melalui teknologi digital,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (28/1/2020),

Menurut Ida edukasi dan pembinaan terkait pemasaran di dunia digital ini diharapkan para peserta khususnya para wirausaha baru bisa membangun jaringan untuk membuka peluang usaha yang ditekuni. 

"Para wirausaha baru ini dapat membuat toko online melalui ponselnya. Yang tadinya menjadi pembeli, diedukasi dan dibimbing menjadi penjual produk-produk andalan di aplikasi seperti Shopee. Sehngga, akan memiliki penghasilan sendiri dan merambah pasar yang lebih luas,” kata Ida.

Ida menyambut baik setiap komitmen yang dapat memberikan dampak positif atas pengembangan UMKM di Indonesia, seperti apa yang dikerjasamakan dengan Shopee sejak 2019—2020. 

“Kami berharap ke depannya upaya kerja sama ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan guna terealisasinya UMKM Indonesia dengan sumber daya manusia yang berkualitas berkat dukungan platform e-commerce seperti Shopee,” kata Ida.

Sementara itu, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan kerja sama yang dijalin bersama dengan Kemenaker di tahun 2019 menjadi nilai positif yang tidak hanya untuk ratusan UMKM binaan kemenaker yang telah teredukasi, tetapi juga untuk para sumber daya manusia potensial yang tersebar di berbagai daerah melalui pagelaran program edukasi yang Shopee berikan.

“Melalui audiensi hari ini, Shopee menyampaikan berbagai informasi terkini dari inovasi dan program kami sebagai peluang untuk melanjutkan kerja sama dengan Kemenaker di tahun 2020 ini, sejalan dengan visi dan komitmen kedua belah pihak dalam mendukung perkembangan UMKM berikut dengan sumber daya manusianya,” kata Radityo.

Adapun, kerjasama antara Kemenaker dengan Shopee di pada 2020 ini menitikberatkan tidak hanya demi perkembangan UMKM, tetapi juga ke pihak-pihak sumber daya manusia unggul.

Kerja sama yang dijalin dengan pihak Kemenaker juga memungkinkan Shopee dalam melakukan penetrasi studi literasi digital ke berbagai daerah di Indonesia untuk jangkauan yang lebih luas lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper