Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Sesumbar Pakai 100 Unit Mobil Listrik, Ini Langkahnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya segera menggelar pengadaan 100 unit kendaraan listrik di lingkungan Kementerian Perhubungan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  11:59 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. - Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan. - Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG -- Kementerian Perhubungan akan menggunakan 100 unit kendaraan listrik untuk melayani aktivitas para pejabat di lingkungan internal kementerian yang membidangi transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya segera melakukan pengadaan 100 unit kendaraan listrik di lingkungan kementeriannya.

"Kami akan memberikan edukasi kendaraan listrik ini, oleh karenanya Kemenhub memiliki 100 kendaraan listrik untuk daya eselon 1 dan eselon 2. Kalau tidak ada bantuan PLN ini tidak bisa dilakukan," tuturnya di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Senin (27/1/2020).

Budi Karya menuturkan kendaraan listrik semakin lama kian urgen dan menjadi satu keniscayaan. Dalam membangun ibu kota negara baru, Menhub mengarahkan menggunakan kendaraan listrik dan autonomous vehicle.

"Kalau dari sekarang kita membiasakan menggunakan kendaraan elektrik, ini memang dilema tentang berpikir mahal, tapi kendaraan ini memiliki masa depan," jelasnya.

Dia mengajak berbagai pemangku kepentingan termasuk Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mengintensifkan populasi kendaraan listrik tersebut.

Pada tahap awal, dia juga mengharapkan kendaraan angkutan umum menggunakan kendaraan listrik. Selanjutnya, semua pihak juga didorong menggunakan kendaraan listrik seiring dengan banyaknya perusahaan yang memproduksi baterai dalam negeri yang berujung pada penurunan harga mobil listrik.

"Tentunya kita akan meningkatkan populasi. Kalau ada titik charger yang banyak pasti mau menggunakan ini. Lalu insentif pajak harus diberikan untuk jangka pendek ada pengurangan pendapatan tapi jangka panjang untuk lingkungan baik," terangnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Kemenhub
Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top