Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Kinerja Penerbangan

Pengoperasian landasan pacu atau runway 3 oleh PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Soekarno Hatta selama perode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkatkan performa ketepatan waktu di Bandara tersebut.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Januari 2020  |  18:21 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin - Bisnis/Rinaldi M. Azka
Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, CENGKARENG - Pengoperasian landasan pacu atau runway 3 oleh PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Soekarno Hatta selama perode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkatkan performa ketepatan waktu di Bandara tersebut.

Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menuturkan pihaknya sudah menghitung selama 18 hari pelaksanaan periode Nataru, on time performance (OTP) atau performa ketepatan waktu di Bandara Soekarno-hatta, Cengkareng, meningkat signifikan.

"Runway 3 sudah digunakan pada operasi Nataru, 19 Desember sampai dengan 7 Januari, pada 18 hari itu OTP yang dulu rata-ratanya 79 persen, Nataru kali ini OTP di 83 persen dengan jumlah pergerakan 23.000 movement dalam 18 hari," tuturnya, Minggu (26/1/2020).

Menurut Awaluddin perbaindingan peningkatan OTP peak season tersebut menunjukkan adanya efektivitas dari landasan pacu baru tersebut.

Di sisi lain, Awaluddin mengungkapkan bahwa ketepatan waktu tersebut tanpa melalui rekonsiliasi, sehingga datanya juga tersaji secara utuh.

Selain itu, dia menegaskan keberadaan runway 3 sangat berperan ketika terjadi kondisi-kondisi luar biasa seperti adanya pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusumah ke Soekarno-hatta akibat banjir yang melanda pada awal tahun.

Runway 3 juga berperan sebagai kontigensi atau cadangan ketika salah satu landasan pacu tidak beroperasi karena berbagai hal. Artinya, yang beroperasi tetap ada 2 landasan pacu.

"Ketika situasi di luar kebiasaan, seperti menutup Halim, kalau kondisi begitu sulit mengoperasikan 1.200 pergerakan sehari, ada bandara terdekat yang bisa bantu," tutur Awaluddin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta runway iii bandara soetta
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top