Bappenas Implementasikan Integrated Digital Workplace

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan sistem Integrated Digital Workplace (IDW) sudah berlangsung sejak awal Januari 2020. Sistem ini juga sudah menjalankan fungsi untuk menunjang produktivitas dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PPN/Bappenas.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 Januari 2020  |  18:51 WIB
Bappenas Implementasikan Integrated Digital Workplace
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional - Kepala Bappenas Suharso Monoarfa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sudah melaksanakan sistem kerja Integrated Digital Workplace (IDW).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan sistem Integrated Digital Workplace (IDW) sudah berlangsung sejak awal Januari 2020. Sistem ini juga sudah menjalankan fungsi untuk menunjang produktivitas dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PPN/Bappenas. Adapun sejumlah tugas yang sudah dilaksanakan melalui sistem IDW meliputi; penganggaran, perencanaan, pengendalian, pemantauan, dan evaluasi pembangunan.

Suharso menegaskan, sistem IDW ini khusus dirancang untuk memungkinkan ASN Kementerian PPN/Bappenas berperan aktif sebagai clearing house program sebagaimana arahan dari Presiden Jokowi. Selain itu, sistem ini juga memperkuat kerja sama di antara para perencana, serta sebagai sarana knowledge sharing dan penguatan metode analisis perencanaan pembangunan, sehingga produk perencanaan pembangunan semakin berkualitas.

Suharso menjelaskan, Kementerian PPN/Bappenas sebagai instansi pemerintah pertama yang mengimplementasikan IDW dan diharapkan dapat menjadi percontohan instansi pemerintah lainnya.

“Paling tidak ada 4 Kementerian dan Daerah, jadi kita akan menjadi contoh. Teruslah menjadi yang terbaik. Kita ingin membuat sejarah, salah satunya dengan Integrated Digital Workplace ini,” ujar Menteri Suharso dikutip dari rilis, Kamis (16/1/2020).

Pada Kamis (16/1/2020), Presiden Jokowi didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung meninjau sistem IDW di Bappenas. Dalam peninjauan tersebut, Presiden Jokowi melihat langsung bagaimana sistem IDW diimplementasikan.

Dia pun meninjau situation room yang merepresentasikan kegiatan Kementerian PPN/Bappenas sebagai clearing house dalam finalisasi RPJMN, prioritas wilayah, dan prioritas stunting.

Setelah itu, Presiden Jokowi juga melihat ruang co-working space yang digunakan sebagai ruang kerja mandiri, sekretariat RPJMN, ruang kerja kolaboratif, dan juga berkesempatan melakukan teleconference dengan ASN Kementerian PPN/Bappenas yang sedang tugas belajar di luar negeri. Kunjungan ditutup dengan dialog interaktif dengan milenial Kementerian PPN/Bappenas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bappenas

Editor : Achmad Aris
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top