Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Properti di Jakarta Kemahalan, Bikin Susah Jualan

Harga rumah mewah di Kemang sudah sama dengan di Kebayoran Baru, padahal dari segi lokasi tidak memungkinkan untuk terjual.
Proyek rumah mewah./Ilustrasi-Bisnis.com
Proyek rumah mewah./Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Harga properti di Jakarta dinilai sudah terlalu tinggi. Hal ini membuat banyak properti di Jakarta sulit terjual, ditambah lagi dengan kondisi perekonomian setelah pemilihan umum yang belum membaik membuat banyak investor bertahan dan menunggu waktu yang tepat untuk beli properti.

Senior Associate Director Residential Tenant Representation Colliers International Indonesia Lenny Sinaga mengatakan bahwa memang ada beberapa lokasi di Jakarta yang harganya sudah terlalu tinggi dan tidak masuk akal.

“Kebanyakan karena pemilik bersikeras bahwa rumahnya masih bisa naik harganya, padahal mau dinaikkan setinggi apa pun ujung-ujungnya malah jadi tidak terjual,” katanya kepada Bisnis, Rabu (8/1/2020).

Lenny mencontohkan harga rumah mewah di Kemang sudah sama dengan di Kebayoran Baru, padahal dari segi lokasi tidak memungkinkan untuk terjual.

“Jadi, kalau dibilang ketinggian ya, memang standar harganya udah segitu ya. Yang merusak [pasaran] adalah rumah yang harganya tinggi di lokasi yang tidak semestinya. Rata-rata harganya jadi berantakan,” sambungnya.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda yang mengatakan bahwa dengan tingginya harga jual, investor justru jadi kesulitan untuk menjual propertinya.

"Namun, ya, tetap saja masih banyak investor yang membeli harapan harganya akan terus naik. Padahal, pasar properti sama seperti ekonomi mempunyai siklus pasar, ini sering kali diabaikan oleh investor," katanya, beberapa waktu lalu.

Ali juga mengatakan bahwa kondisi pasar harga properti yang sudah ketinggian malah bisa menekan likuiditas pasar properti sehingga harga properti mau tidak mau harus terkoreksi kalau ingin bisa terjual.

Dengan kondisi seperti ini, untuk 2020, kata Lenny, pasar properti residensial yang masih akan bergerak tetap di segmen menengah ke bawah karena jika pengembang nekat untuk menjual yang kelas atas sulit terjual.

“Saya lihat secara umum [pasarnya] masih lagi drop banget. Jadi, kalau mau yang mewah ya, jangan juga sekarang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper