Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ketiga Banjir Jabodetabek, 85 Persen Gardu Listrik Telah Menyala

Hingga Jumat (3/12/2019) pukul 07.00 WIB, PT PLN (Persero) telah menyalakan 4.864 gardu distribusi atau sebesar 85% dari total gardu yang terdampak banjir di sebagian wilayah Jabodetabek sebanyak 5.740 gardu.
Teknisi dari PT PLN (Persero) melakukan pengecekan instalasi listrik yang terdampak banjir./Dok. PLN Disjaya
Teknisi dari PT PLN (Persero) melakukan pengecekan instalasi listrik yang terdampak banjir./Dok. PLN Disjaya

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga Jumat (3/12/2019) pukul 07.00 WIB, PT PLN (Persero) telah menyalakan 4.864 gardu distribusi atau sebesar 85% dari total gardu yang terdampak banjir di sebagian wilayah Jabodetabek sebanyak 5.740 gardu.

Artinya, dari total gardu terdampak, sebanyak 876 gardu distribusi masih dipadamkan sementara demi keamanan warga. 

Wilayah yang masih banyak mengalami pemadaman di Jabodetabek, yaitu Cengkareng, Bandengan, Kebun Jeruk, Jasinga, Nanggung, Cibitung, dan Wanasari. Sementara itu, wilayah lainnya sebagian besar telah menyala.

Menteri BUMN Erick Thohir pun mengatakan PLN sudah sangat baik melakukan pengaturan pasokan listrik. 

“Kami menyadari bahwa dalam kondisi seperti ini listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Saya lihat, PLN juga telah semaksimal mungkin untuk menyalakan listrik untuk daerah yang sudah aman,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Jumat (3/12/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung PLN untuk mengutamakan keamanan warga dalam melakukan pemulihan pasokan listrik ke wilayah terdampak banjir. 

"Saya memahami masyarakat membutuhkan listrik, apalagi untuk membersihkan bekas banjir. Namun, PLN tentu perlu berhati-hati untuk menyalakan listrik di daerah terdampak banjir. Keamanan masyarakat harus yang utama," katanya.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan sebelum menyalakan aliran listrik, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. 

PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

“Dari sisi pasokan tidak ada masalah. Namun, kami mohon maaf karena terpaksa harus memadamkan aliran listrik sementara demi keamanan warga,” katanya.

Sementara itu, untuk wilayah Banten, dari 598 gardu distribusi yang terdampak banjir, sebanyak 480 gardu distribusi atau 80 persennya telah menyala dan 118 gardu distribusi masih dipadamkan sementara. 

Banten Selatan menjadi daerah yang masih banyak mengalami pemadaman sementara karena wilayahnya masih banyak tergenang air. Wilayah lainnya seperti Serpong, Cikokol, dan Teluk Naga sebagian besar telah menyala.

"Kami berusaha semaksimal mungkin, lebih dari 3.200 personel kami turunkan untuk inspeksi. Daerah yang memang sudah diidentifikasi aman dan sudah mendapat persetujuan dari kepala lingkungan pasti kami nyalakan," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper