Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AMI : Industri Mainan Bisa Tumbuh Lebih Tinggi Tahun Ini

Ketua AMI Sutjiadi Lukas mengatakan pihaknya memperkirakan pasar industri mainan pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 03 Januari 2020  |  14:30 WIB
ilustrasi - Bisnis.com
ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Mainan Indonesia (AMI) berharap industri mainan mampu bertumbuh lebih tinggi pada 2020 setelah pada tahun lalu stagnan.

Ketua AMI Sutjiadi Lukas mengatakan pihaknya memperkirakan pasar industri mainan pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi sosial dan politik yang lebih stabil dinilai akan memengaruhi permintaan pasar dala negeri akan produk mainan.

Di samping itu, katanya, jeda antara periode lebaran dan liburan sekolah yang berjarak membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan belanja produk mainan.

"Kami optimistis 2020 akan ada peningkatan," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (2/1/2020).

Sutjiadi menjelaskan pada 2019 realisasi kinerja industri mainan cenderung stagnan. Agenda pemilihan umum, jelasnya, cukup memengaruhi permintaan pasar.

Di samping itu, periode Lebaran dan liburan sekolah yang berdekatan dinilai cukup memengaruhi konsumsi masyarakat untuk produk mainan.

"Itu semua memengaruhi belanja masyarakat. Apalagi mainan adalah kebutuhan sekunder," ujarnya.

Guna mendukung potensi pasar 2020, Sutjiadi berharap pemerintah bisa memberikan iklim usaha yang lebih kondusif. Salah satu problem yang mengadang pelaku usaha lokal adalah masih seringnya razia yang dilakukan sejumlah otoritas.

Menurutnya, aktivitas pemeriksaan itu membuat pelaku industri mainan resah. "Di lapangan masih ada oknum melakukan operasi, terutama untuk industri lokal. Pabrik lokal dirazia sehingga akhirnya malas mengembangkan usaha," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri mainan
Editor : Galih Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top