Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asosiasi Mainan : 5 Investor Batal Masuk Indonesia

Lima investor asal Negeri Tirai Bambu itu akhirnya mengalihkan pilihan ke Thailand dan Vietnam.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 02 Januari 2020  |  17:02 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah investor asing batal merealisasikan penanaman modalnya di sektor mainan nasional pada 2019 lantaran ketidakstabilan kondisi sosial dan politik serta ketidaksinkronan aturan.

Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Mainan Indonesia (AMI) Sutjiadi Lukas kepada Bisnis, Kamis (2/1/2020). "Ada 5 investor asal China yang sebenarnya mau masuk, tetapi akhirnya membatalkan," ujarnya.

Sutjiadi menjelaskan kelima investor asal Negeri Tirai Bambu itu akhirnya mengalihkan pilihan ke Thailand dan Vietnam. Sejumlah faktor, katanya, menyebabkan keputusan pemodal asing tersebut.

Salah satunya adalah ketidakstabilan situasi sosial dan politik Indonesia pada 2019. "Ada demonstrasi besar-besaran yang terjadi tahun lalu itu membuat mereka takut untuk menanamkan modalnya di Indonesia."

Selain itu, Sutjiadi menjelaskan problem kebijakan yang tidak sinkron antara pemerintah pusat dan daerah juga menjadi kendalanya. Faktor itu, katanya, ditambah lagi dengan situasi ketenagakerjaan dalam negeri yang kurang kondusif.

Asosiasi, ujarnya, menyayangkan kondisi itu lantaran industri mainan membutuhkan investasi baru, khususnya dengan teknologi baru, agar mampu memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

"Sayang sekali [investor asing tidak jadi masuk] sebab tujuan kita sebenarnya agar bisa menggandeng investor lokal untuk alih teknologi," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri mainan
Editor : Galih Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top