Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 18 DESEMBER: Menhub: Kejar Pelaku Pungli!, Adios Tahun Penuh Kemelut!

Berita mengenai biaya siluman di pelabuhan Tanjung Priok beserta rapor kinerja perdagangan dalam dan luar negeri Indonesia sepanjang 2019, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (18/12/2019).
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Bongkar Muat Tanjung Priok milik Pelindo II, Jakarta, Kamis (28/11/2019)./ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Bongkar Muat Tanjung Priok milik Pelindo II, Jakarta, Kamis (28/11/2019)./ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai biaya siluman di pelabuhan Tanjung Priok beserta rapor kinerja perdagangan dalam dan luar negeri Indonesia sepanjang 2019, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (18/12/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Menhub: Kejar Pelaku Pungli! Praktik pungli yang terus berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok ibarat sel kanker pembunuh. Praktik ini tak hanya dilakukan aparat bawah yang mencari recehan di lapangan, tetapi diduga sudah merembet hingga ke pejabat atas yang kongkalikong dengan swasta.

Solid di Domestik, Menang di Global. Kisah dongeng Cinderela boleh jadi mirip dengan kondisi yang sedang dialami produk minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya saat ini. CPO menjadi Sang Cinderela dalam jagat industri minyak nabati dunia.

Tantangan Tim Ekonomi Baru. Tahun 2019 adalah tahun politik bagi Indonesia. Sejalan dengan pemilihan presiden, sejumlah pos di kementerian ekonomi juga berganti kepemimpinan. Beruntung beberapa posisi kunci di kementerian ekonomi tak berubah.

Mendongkrak Konektivitas. Pemerintah terus meningkatkan konektivitas dengan membangun jalan dan jalan tol. Hingga akhir 2019 panjang jalan tol baru mencapai 1.300 kilometer berkat pengoperasian sepuluh ruas tol baru.

Tahun Terberat Bagi Anies Baswedan. Tahun ini bisa dikatakan tahun terberat bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Orang nomor satu di ibu kota tersebut mempunyai beberapa agenda penting yang harus dilaksanakan, misalnya mengoperasikan moda raya terpadu (MRT) secara komersial, memulai pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), melaksanakan Pilpres dan Pileg, serta menyelesaikan pembangunan proyek untuk mengurangi dampak banjir dan kemacetan.

Turbulensi Lembaga Antikorupsi. Panggung pemberantasan korupsi di Tanah Air tidak pernah lepas dari sorotan sepanjang 2019. Apalagi, tahun ini diwarnai dengan berakhirnya tugas para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015—2019.

Kemelut di Sektor IKNB. Bagi para pelaku di industri jasa keuangan nonbank, 2019 merupakan tahun yang penuh dengan dinamika dan tantangan. Kendati demikian, di sejumlah subsektor industri, tetap terselip potensi dan peluang bisnis bagi pelaku usaha.

Muamalat dan Potret Perbankan Syariah. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. masih menjadi sorotan hingga penghujung tahun. Upaya penyehatan bank syariah tertua di Tanah Air ini belum juga membuahkan hasil.

Adios, Tahun Penuh Kemelut! Tinta merah tertoreh dalam rapor kinerja perdagangan dalam dan luar negeri Indonesia sepanjang 2019. Berbagai kasus sengketa dagang dengan negara lain, polemik tata niaga pangan, surutnya industri ritel modern, tarik ulur pengendalian impor, hingga tren pelemahan kinerja ekspor berkepanjangan mewarnai perjalanan perdagangan Tanah Air sepanjang tahun ini.

Selamat Tinggal Polemik. Sepanjang tahun ini, kinerja sektor transportasi dan logistik penuh dinamika. Polemik terjadi di semua moda transportasi baik darat, kereta api, laut, maupun udara. Polemik ini secara langsung berdampak buruk bagi kepentingan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper