Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beredar Kabar Rudiantara Batal Jadi Dirut PLN

Kabar baru berhembus menerpa nama Rudiantara yang sebelumnya santer disebut-sebut bakal menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Sumber menyebut Rudiantara batal melenggang memimpin perusahaan setrum negara itu.
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, memberi sambutan saat acara peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta pada Senin (14/10/2019)./Antara
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, memberi sambutan saat acara peresmian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta pada Senin (14/10/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar baru berhembus menerpa nama Rudiantara yang sebelumnya santer disebut-sebut bakal menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Sumber menyebut Rudiantara batal melenggang memimpin perusahaan setrum negara itu. 

Padahal, pekan lalu nama Rudiantara berulang kali disebutkan para pejabat yang dekat dengan istana. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Jokowi sudah menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PLN.

"Jadi saya kira Pak Presiden menunjuk Pak Rudi sudah keputusan yang sangat tepat. Dan saya kira PLN akan lebih bagus," ujar Luhut di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Luhut menjelaskan, pribadi Rudiantara dikenal sangat baik dan terlihat saat bersama-sama menjadi menteri di kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Selain itu, mantan menteri komunikasi dan informatika itu juga mempunyai latar belakang dalam mengurus perusahaan pelat merah tersebut. 

"Bagus banget kan pak Rudi. Memang orang PLN. Selama di kabinet sama beliau juga bagus," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan calon direktur utama PLN sudah diputuskan. Nama kandidat yang beredar adalah mantan menteri komunikasi dan informatika, Rudiantara.

Pramono tidak membenarkan atau membantah terkait isu Rudiantara menjadi Dirut PLN ini. Ketika dikonfirmasi soal nama itu, ia menjawab diplomatis.

"Mudah-mudahan segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan," kata Pramono saat ditemui di ruang kerjanya, Kompleks Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Menurut Pramono, kandidat direktur utama PLN sudah dibahas di sidang tim penilai akhir (TPA).

"Sudah selesai. Bolanya sekarang di Menteri BUMN," ujarnya.

Menanggapi kabar terakhir soal nama Rudiantara batal jadi Dirut PLN itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengaku tak tahu-menahu.

"Belum tahu," kata dia ketika dikonfirmasi di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Meski begitu, Arya menuturkan terkait penentuan orang nomor satu di perusahaan setrum negara tersebut masih berjalan sesuai rencana dari Kementerian BUMN, dan belum adanya perubahan apapun.

"Masih," ucapnya.

Rudiantara digadang-gadang akan menjabat sebagai Direktur Utama PLN menggantikan Sripeni Inten Cahyani yang masih berstatus sebagai pelaksana tugas direktur utama perusahaan setrum.

Sripeni mengisi posisi tertinggi PLN yang kosong setelah Sofyan Basir undur diri dari posisi orang nomor satu perusahaan listrik pelat merah per 29 Mei 2019 lalu karena tersangkut kasus suap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau -I.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper