Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub : Pelaksana Tugas Dirut Garuda Dijabat Fuad Rizal

Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan konfirmasi itu untuk memastikan pemenuhan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan setelah dicopotnya Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau biasa disapa Ari Askhara.
Pesawat Garuda. Bisnis/Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda. Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengonfirmasi pelaksana tugas Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. dijabat oleh Direktur Keuangan Fuad Rizal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan konfirmasi itu untuk memastikan pemenuhan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan setelah dicopotnya Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau biasa disapa Ari Askhara.

"Jadi sudah pada konfirmasi Plt Dirut adalah Direktur Keuangan. Aspek safety itu domainnya direktur operasi dan direktur maintenance, keduanya sudah sesuai dengan kualifikasi tentu safety-nya tidak ada masalah," paparnya, Jumat (6/12/2019).

Budi Karya menegaskan aspek keselamatan di penerbangan Garuda tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun ada pergantian pucuk pimpinan maskapai pelat merah itu.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan pria yang biasa disapa Ari Ashkara karena keterlibatannya dalam kasus penyelundupan komponen motor gede (moge) Harley-Davidson dan sepeda lipat ekslusif merek Brompton di pesawat baru Airbus 330-900neo dalam penerbangan dari Tolouse Prancis ke Jakarta.

Keputusan Erick memberhentikan orang nomor satu did Garuda itu diambil setelah penyelidikan lebih lanjut yang dilaksanakan oleh komite audit perusahaan pelat merah itu.

Selain itu, Dewan Komisaris Garuda juga telah mengirim surat kepada Erick yang menekankan Integritas dan good corporate governance yang harus dilaksanakan.

Erick memaparkan, pembelian komponen Harley-Davidson tersebut merupakan pesanan Ari Askhara melalui pegawainya di Eropa. Pembelian dilakukan pada April 2019 dan proses transfer dari Jakarta dilakukan melalui rekening pribadi Finance Manager Garuda yang berada di Amsterdam Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper