Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Pasar Ikan Bertaraf Internasional Dinilai Bukan Prioritas

Sebagian pelaku usaha kurang menyambut positif rencana pembangunan international fish market yang dicanangkan pemerintah. Pasalnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi di sektor kelautan dan perikanan.
Pedagang memilih ikan untuk ditimbang di Pasar Bandarjo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,Rabu (11/10)./ANTARA-Aditya Pradana Putra
Pedagang memilih ikan untuk ditimbang di Pasar Bandarjo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,Rabu (11/10)./ANTARA-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian pelaku usaha kurang menyambut positif rencana pembangunan international fish market yang dicanangkan pemerintah. Pasalnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi di sektor kelautan dan perikanan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Tuna Indonesia (Astuin) Hendra Sugandhi mengatakan kalaupun ingin membuat pasar ikan skala internasional yang terintegrasi dengan pelabuhan, lebih baik memanfaatkan fasilitas yang sudah ada. 

"Sebaiknya pasar ikan modern yang di Muara Baru dievaluasi dulu dan dijadikan pilot project untuk international fish market," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (4/12/2019).

Kendati demikian, dia menuturkan bahwa skala prioritas sektor perikanan saat ini seharusnya bagaimana menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan devisa ekspor perikanan untuk membantu mengatasi defisit neraca perdagangan. 

"Peningkatan produksi perikanan di sektor hulu baik perikanan tangkap dan budi daya jauh lebih penting yang akan meningkatkan pasokan untuk industri pengolahan yang berorientasi ekspor," tegasnya.

Pelaku usaha, kata Hendra, memiliki harapan yang tinggi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Menurutnya, jangan sampai Edhy kehilangan momentum untuk merealisasikan janji-janjinya, salah satunya menghapus peraturan-peraturan yang menghambat paling lambat pada akhir tahun ini. 

Begitu pula dengan pengisian 151 pos jabatan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang kosong karena ini akan menggerakan roda organisasi KKP yang selama ini tenggelam. 

"Tahun depan, 2020, harus sudah ada realisasi implementasi kebijakan, bukan lagi rencana-rencana dan retorika baik oleh internal KKP dan juga seluruh stakeholder perikanan," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa menginginkan adanya pasar ikan berskala internasional di Indonesia.

Dia menyayangkan Indonesia sebagai negara dengan samudera yang luas hingga kini tidak memiliki pasar ikan internasional. Filipina saja, tuturnya, punya General Santos .

Tiga lokasi yang ada dalam perencanaan Bappenas adalah Sulawesi Utara, Sumatra Utara, dan Maluku.  Ketiga fish market bertaraf internasional yang akan rencananya selesai dibangun pada 2024 tersebut akan terintegrasi dengan pelabuhan perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Lucky Leonard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper