KABAR PASAR 5 DESEMBER: Syarat Dagang-el Diperketat, Program Unggulan Anies Disorot

Berita mengenai aturan perdagangan elektronik dan program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (5/12/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 05 Desember 2019  |  08:39 WIB
KABAR PASAR 5 DESEMBER: Syarat Dagang-el Diperketat, Program Unggulan Anies Disorot
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai aturan perdagangan elektronik dan program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (5/12/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Syarat Dagang-el Diperketat. Bisnis perdagangan elektronik akan semakin ketat setelah pemerintah menerbitkan PP No.80/2019 yang menerapkan sejumlah kewajiban yang setara antara pelaku usaha dagang online dengan konvensional.

Ekspor ke Vietnam Melonjak. Pasar ekspor batu bara Indonesia ke Vietnam menguat dari sekitar 12 juta ton tahun ini menjadi sedikitnya 15 juta ton pada 2020, seiring dengan beroperasinya sejumlah PLTU baru di negara tersebut.

Ekstensifikasi Harus Dimaksimalkan. Pemerintah harus memaksimalkan ekstensifikasi untuk mengantisipasi risiko penyusutan penerimaan pajak sejalan dengan banyaknya insentif yang diberikan dalam omnibus law perpajakan.

Kilau Emas Kembali Berpendar. Setelah mencatat penurunan tajam pada November, emas mulai naik memasuki Desember. Harga emas sempat membukukan kenaikan terbesar dalam lebih dari sebulan karena ketegangan antara AS dan China kembali tereskalasi.

Desain IKN Akomodasi Ide Milenial. Desain Ibu Kota Negara atau IKN diharapkan juga mampu mengakomodasi harapan generasi milenial. Masukan dari mereka diharapkan akan memperkaya rancangan desain IKN supaya lebih komprehensif.

Program Unggulan Anies Disorot. Beberapa fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta masih mencerminkan ketidaksepakatan atas program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tahun depan.

Sinergi Asuransi-Tekfin Topang Bisnis. Sinergi antara perusahaan asuransi umum dan penyelenggara teknologi fi nansial atau tekfin diyakini akan mendorong percepatan pertumbuhan lini bisnis asuransi kredit pada tahun depan.

Minat IPO Bank Makin Rendah. Gairah perbankan untuk menggalang tambahan dana di pasar modal kian menurun beberapa tahun terakhir, di saat pasar modal justru kebanjiran banyak emiten baru dari luar sektor perbankan.

Pengembang Pilih Rumah Tapak. Pengembang properti mulai menyiapkan strategi khusus menjelang implementasi aturan Penyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72 tentang Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan yang akan mulai berlaku pada Januari 2020.

Pasar Ikan Internasional Segera Hadir. Pemerintah menyiapkan pengembangan pasar ikan kelas internasional yang terintegrasi dengan pelabuhan perikanan demi memacu kinerja produksi sekaligus ekspor dalam 5 tahun mendatang. Total investasi yang diperlukan mencapai kisaran Rp66 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ecommerce, anies baswedan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top