Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Terpopuler, Kemenhub Gandeng Gojek untuk Layanan Pemesanan Kontainer dan Lion Air Tagih Kompensasi ke Boeing

Kabar Kemenhub yang akan menggandeng Gojek untuk layanan pemesanan kontainer menjadi berita terpopuler di Bisnis.com pada hari Senin (4/11/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 04 November 2019  |  12:32 WIB
Sebuah truk berjalan di antara kontainer pengiriman di terminal kontainer di Pelabuhan Incheon di Incheon, Korea Selatan. - REUTERS/Kim Hong/Ji
Sebuah truk berjalan di antara kontainer pengiriman di terminal kontainer di Pelabuhan Incheon di Incheon, Korea Selatan. - REUTERS/Kim Hong/Ji

1. Kemenhub Gandeng Gojek untuk Layanan Pemesanan Kontainer

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan menggandeng perusahaan transportasi online PT Gojek Indonesia dalam rangka Digitalisasi Pelayanan (Dilan).

Kerja sama dengan menggunakan aplikasi berbasis digital ini bertujuan untuk meningkatkan layanan tol laut, khususnya dalam mempermudah proses pemesanan kontainer secara transparan dan dapat membagi muatan secara fair kepada shipper yang ada di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP).

Baca selengkapnya di sini.

2. Pemangkasan Eselon Dinilai Bisa Mematikan Jenjang Karir ASN

Pemangkasan eselon di lingkungan birokrasi pemerintahan akan berdampak pada masa depan karir aparatur sipil negara atau ASN.

Demikian dikatakan pengamat dari Universitas Muhammadiyah Kupang Ahmad Atang, Minggu (3/11/2019).

"Bagi saya, ide tentang ini di birokrasi pemerintahan justru akan mematikan jenjang karir dan membunuh masa depan ASN," kata Atang, di Kupang.

Baca selengkapnya di sini.

3. Tol Laut Dimonopoli, ALI: Pemerintah Cari Kambing Hitam Kegagalan Program

Asosiasi Logisik Indonesia (ALI) menilai tuduhan pemerintah bahwa ada swasta yang melakukan monopoli terhadap aktivitas tol laut menunjukkan ada upaya mencari ‘kambing hitam’ untuk menutupi kegagalan program tersebut.

Ketua Umum ALI, Zaldi Ilham Masita menuturkan tol laut tidak diimplementasikan selama 5 tahun terakhir dengan baik sesuai harapan dari Presiden Joko Widodo.

Baca selengkapnya di sini.

4. China Bakal Tambah Impor Batu Bara, Indonesia Bakal Diuntungkan

Konsumen batu bara terbesar dunia, China, diperkirakan akan meningkatkan impor pada tahun ini. Sebagai importir utama komoditas tersebut, Indonesia pun bakal ketiban pulung dari situasi ini, ketimbang Australia.

Zeng Hao, analis di konsultasi Fenwei Energy Information Services mengatakan, pembelian batu bara asing oleh China dalam sembilan bulan pertama telah melaju lebih cepat dari tahun lalu hampir 10%.

Baca selengkapnya di sini.

5. Kecelakaan Pesawat B737 MAX, Lion Air Tagih Kompensasi ke Boeing

Lion Air Group telah merinci beberapa poin kerugian yang akan diajukan kepada Boeing atas B737 MAX 8 yang dilarang terbang atau grounded sejak Maret 2019.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut mengatakan telah berkomunikasi intensif dengan pabrikan pesawat asal Amerika Serikat tersebut. Adapun, saat ini terdapat 10 unit pesawat B737 MAX 8 yang masih dikandangkan.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china batu bara Kemenhub kontainer boeing lion air pejabat eselon Tol Laut ASN Gojek
Editor : Surya Rianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top